Kepesertaan BPJS Kesehatan di Sinjai Diangka 98,6 Persen

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) merupakan Badan Hukum Publik yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden dan memiliki tugas untuk menyelenggarakan jaminan Kesehatan Nasional bagi seluruh rakyat Indonesia.

Khusus di Kabupaten Sinjai, Program ini bahkan telah masuk dalam kategori pemberlakuan Universal Health Coverage (UHC) karena telah menyentuh kepesertaan BPJS di kisaran 98,6 persen.

Hal itu diungkapkan Kepala BPJS Kesehatan Sinjai, Muh Saleh yang ditemui di kantor BPJS Sinjai di Jalan Hasanuddin, Jumat (20/09/19)

Menurut Saleh, hingga pertengahan September saat ini kepesertaan BPJS di Kabupaten Sinjai telah mencapai 261.380 jiwa lebih, dari seluruh segmen baik kepesertaan mandiri maupun penerima bantuan iuran (PBI) APBD dan APBN.

“Data dari forum kemitraan baru-baru ini dari 263 ribu jiwa lebih penduduk Sinjai tinggal sekitar 1,4 persen lagi yang belum terdaftar BPJS”, katanya.

Baca Juga: Ketua TP PKK Tellulimpoe Dilantik, Ini Harapan Andi Nurhilda Daramata Seto

Di tanya penyebab mengapa belum sepenuhnya terdaftar, Saleh menuturkan ada indikasi bahwa masih ada masyarakat yang belum berminat dengan kepesertaan BPJS Kesehatan gratis yang ditanggung Pemerintah.

Selain itu, masih adanya masyarakat yang belum melakukan perekaman E-KTP, sementara data kepesertaan untuk penerbitan kartu BPJS Kesehatan, ungkapnya, harus berdasarkan data dari Disdukcapil Sinjai dan rekomendasi dari Dinas Sosial (Dinsos) Sinjai.

Apalagi dalam Perpres 82 tahun 2019 berbunyi Pemda yang harus mendaftarkan masyarakatnya untuk mendapatkan BPJS Kesehatan. Ditambah penerbitan jaminan sosial harus berdasarkan data Capil.

“Hasil penelusuran kita di lapangan¬† masih ada masyarakat yang kedapatan memeriksakan diri ke Puskesmas dan belum melakukan perekaman E-KTP. Itu salah satu indikasi penyebabnya juga”, tambahnya.

Untuk mewujudkan kepesertaan BPJS 100 persen, Saleh menyebutkan  bahwa semuanya harus tertib administrasi. (Adi)

Editor/Bahar