oleh

Ketua Komisi III DPRD Sinjai Minta Alat Berat Disiapkan di Daerah Rawan Longsor

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Anggota DPRD Sinjai, Drs H. Akmal Muin menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Pembentukan Satgas Siaga Penanggulangan Bencana, yang berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai, Rabu (8/1/20)

Dalam paparannya, Akmal Muin mengaku menyambut baik pembentukan Satgas tersebut, sebab menurutnya Kabupaten Sinjai daerah rawan bencana.

Apalagi mengingat Kabupaten Sinjai di tahun 2000 an yang lalu pernah mengalami bencana yaitu Banjir Bandang yang menyebabkan ratusan warga meninggal dunia.

Baca Juga: Satgas Siaga Bencana Sinjai Dibentuk, Ini Agendanya Diakhir Pekan

“Sekarang ini memasuki musim hujan, oleh karena itu kita patut mengantisipasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan”, kata Akmal Muin yang juga Ketua Komisi III DPRD Sinjai.

Di kesempatan itu, Mantan Asisten III Setdakab Sinjai ini meminta agar perhatian stackholder terkait untuk mengantisipasi segala kemungkinan ancaman bencana.

Termasuk menyarankan kepada Dinas PUPR agar menyiapkan excavator (alat berat) di Daerah Rawan Longsor seperti di Kecamatan Sinjai Borong, Kecamatan Sinjai Tengah dan Kecamatan Sinjai Barat, guna mengantisipasi akan terjadinya longsor di daerah tersebut.

Baca Juga: Apa Kabar Kasus Trotoar? Kejari Sinjai Jelaskan Seperti Ini

“Kapan hujan deras pasti longsor disana makanya sebagai pemerintah kita harus hadir menjadi solusi disana”, jelasnya.

Rapat Koordinasi Pembentukan Satgas Siaga Bencana Sinjai dipimpin Wakil Bupati Sinjai Hj Andi Kartini Ottong. Dalam arahannya, Kartini berharap kehadiran satgas ini dapat memberi manfaat yang sebesar-besarnya untuk daerah dan masyarakat.

Di katakan bahwa titik fokus dalam kegiatan penanggulangan bencana di arahkan kepada aspek mitigasi dan perlindungan kepada warga masyarakat yang berlangsung mulai dengan kegiatan pra bencana, saat bencana dan pasca bencana.

Baca Juga: Ini Jadwal Pengambilan Kartu Tes CPNS Sinjai Untuk Formasi Guru PAI, Formasi Lainnya?

“Keberadaan tim satgas nantinya adalah kerja tuntas dan fokus pada titik akhir sehingga tim ini dibentuk dengan prinsip emergency inset”, tandasnya.

Satgas siaga bencana Sinjai ini dipimpin langsung oleh Dandim 1424 Sinjai Letkol Inf. Oo Sahrojat dan Kapolres Sinjai AKBP Sebpril Sesa sebagai Ketua Harian. Sedangkan didalamnya terdiri dari OPD terkait,  kepolisian, aparat TNI, dan organisasi kemanusiaan. (It)

Editor/Andis

Komentar Facebook
loading...

BERITA TERBARU