oleh

Kini, Giliran Soppeng Datang Berguru ke Sinjai

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Untuk kesekian kalinya, Kabupaten Sinjai kembali mendapat kunjungan dari daerah lain untuk belajar di Bumi Panrita Kitta.

Kali ini, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dan Dinas Komunikasi Informatika (Diskominfo) Soppeng, melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kabupaten Sinjai. Jumat, (05/11/2021)

Saat menyambangi kantor Diskominfo dan Persandian Sinjai, Mukhlis selaku Kabid Piak dan Pemanfaatan Data Disdukcapil Soppeng mengatakan, kunker ke Kabupaten Sinjai untuk berkonsultasi terkait dengan pemanfaatan data secara online dari Disdukcapil yang bisa terkoneksi dengan beberapa instansi atau OPD.

Ia membeberkan alasannya memilih Sinjai karena Disdukcapil Sinjai merupakan daerah yang lebih awal menerapkan sistem tersebut. Bahkan sudah terkoneksi ke beberapa instansi.

BACA JUGA: Kontribusi Pemuda dalam Pembangunan Daerah Dijempol Kadisdik Sinjai

“Kami menganggap Sinjai memenuhi persyaratan dalam hal akses data secara online, kita mau jadikan ini pembelajaran bagi kita di kabupaten Soppeng bahwa apa yang dilakukan di Kabupaten Sinjai bisa dilakukan oleh kabupaten Soppeng juga dalam hal pemanfaatan data secara online,” jelasnya.

Terpisah, Kabid Aptika Diskominfo dan Persandian Sinjai, Muhammad Takdir menjelaskan jika pemanfaatan data secara online memang telah diterapkan di Sinjai sejak satu tahun terakhir.

Koneksi data dari Disdukcapil itu telah terintegrasi ketiga OPD lingkup Pemkab Sinjai dalam memudahkan pelayanan publik, seperti Diskominfo, Dinas Sosial dan Badan Pendapatan daerah (Bapenda) Sinjai.

BACA JUGA: Puji Program PJJ di Sinjai, LPMP Sulsel: Bisa Ditiru Daerah Lain

“Kita memang sudah terapkan. Contoh integrasi data kependudukan untuk kepengurusan BPJS kesehatan, Dinas Sosial tinggal menginput data warga dan akan langsung terbaca tanpa harus lagi bersurat ke Disdukcapil untuk penerbitan rekomendasi,” jelasnya.

Selain di kantor Diskominfo Sinjai, rombongan Pemkab Soppeng juga menyambangi kantor Disdukcapil Sinjai di Jalan Bulu Kunyi, Kecamatan Sinjai Utara. (Tim)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU