oleh

Kominfo Sinjai Ikuti Bimtek PPID di Makassar, Ini Tujuannya

KABARSINJAI.COM, Makassar, – Direktorat Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Dirjen IKP Kementrian Kominfo RI, mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di Hotel Novotel, Kota Makassar, Rabu (21/08/19)

Bimtek tersebut diperuntukkan untuk PPID wilayah Papua, Sulawesi, Maluku dan Maluku Utara. Khusus PPID Kabupaten Sinjai, bimtek ini diikuti Sekretaris Dinas Komunikasi Informatika (Kominfo) dan Persandian Sinjai, Dr. Mansyur.

Kegiatan ini dibuka Asisten Bidang pemerintahan Pemprov Sulsel, Andi Aslam Patonangi mewakili Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel.

Dalam sambutannya, Aslam menuturkan tujuan Bimtek PPID tersebut memberikan pendidikan khusus agar dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam hal keterbukaan informasi publik serta mendorong PPID dalam memaksimalkan fungsi PPID.

Sementara itu, Dr Mansyur, menuturkan bimtek ini sangat penting seiring dengan perkembangan informasi pada era teknologi millennial, dimana kebutuhan informasi berjalan dalam hitungan detik, sehingga dibutuhkan kesiapan PPID dalam menghadapi derasnya pemintaan informasi yang dibutuhkan masyarakat tentang kinerja Pemerintah.

Lihat juga: Sejumlah Pejabat Daerah Sinjai Sesalkan Sikap Kemenag Saat Pemulangan Jamaah Haji, Ini Masalahnya

Dengan demikian, transparansi informasi melalui PPID di Kabupaten Sinjai timbul legitimasi dan kepercayaan publik.

Apalagi, tambahnya dalam bimtek tersebut juga membahas posisi dan peran Dinas Kominfo dalam pelaksanaan UU nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik serta alokasi Jabfung untuk mendukung PPID.

“Peran dan fungsi PPID masih kurang diketahui masyarakat, sehingga diharapkan PPID utama dibawah Kominfo dan PPID pembantu yang ada di OPD semakin banyak menyampaikan ke masyarakat untuk aktif meminta informasi ke PPID,” ungkapnya. (Adi)

Editor / Bahar

Komentar Facebook
loading...

BERITA TERBARU