oleh

Komitmen Dan Langkah Bupati Dalam Penciptaan Wirausaha Baru Mandiri di Kabupaten Sinjai

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Komitmen Pemerintah Kabupaten Sinjai dalam merealisasikan visi misi yang tertuang dalam RPJMD 2018-2023 tidak diragukan lagi. Salah satunya dalam penciptaan 1.000 wirausaha baru.

Melalui Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja (Diskopnaker) Sinjai, Pemkab Sinjai terus mengadakan pemberdayaan masyarakat dengan menggelar pelatihan Wirausaha Baru Tenaga Kerja Mandiri dengan Pola Pendampingan khususnya pada pelatihan jahit-menjahit.

Pelatihan yang dipusatkan di Aula Wisma Hawai, ini berlangsung selama 3 hari kedepan hingga 21 September 2019 mendatang. Di ikuti 40 peserta yang notabene pengusaha jahit-menjahit.

Kepala Diskopnaker Sinjai, H. Firdaus menuturkan, pelatihan ini merupakan angkatan kedua yang pernah dilaksanakan sebelumnya di tempat yang sama.

Baca Juga: Puluhan Peserta Ikuti Pelatihan Pemandu Wisata Selam di Sinjai, Ini Tujuannya

“Jadi kegiatan ini diikuti 40 peserta dengan pola pendampingan yang bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan dibidang jahit menjahit”, katanya.

Sementara, Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa, mengungkapkan, pelatihan ini tidak lain sebagai upaya dalam meningkatkan keterampilan, kemampuan berusaha, serta meningkatkan dan menumbuhkan semangat dan jiwa berwirausaha dalam membangun tenaga kerja yang mandiri dan berdaya saing.

Selain itu, pelatihan ini juga untuk mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sinjai, sesuai dengan visi misi Pemkab Sinjai.

“Besar harapan kami, pelatihan ini bisa menumbuhkan wirausaha baru yang tentunya membantu Pemkab Sinjai membuka lapangan kerja serta menyerap tenaga kerja baru”, harapnya.

Ke depan Pemkab Sinjai tidak akan melepas begitu saja wirausaha baru yang tercipta melalui pelatihan ini, akan tetapi akan difasilitasi dengan sarana dan prasarana (bantuan modal) yang tentunya dapat membantu pengembangan wirausaha.

Mengingat keberadaan wirausaha menurut, Andi Seto memiliki peran penting sebagai motor penggerak ekonomi dan pembangunan daerah. Sehingga diharapkan agar pelaku usaha ini bersungguh-sungguh dalam menjalankan usahanya agar kelak bisa mandiri.

Baca Juga: Pertahankan Juara Pertunra, Sinjai Wakili Sulsel ke Tingkat Nasional

“Kalau memang serius dan memiliki niat untuk mengembangkan usahanya kita sudah bekerjasama dengan perbankan di Sinjai untuk bantuan modal, apalagi kita sudah punya Tim Percepatan Anggaran daerah (TPAD) di setiap kecamatan”, jelasnya.

Pada kesempatan itu, Bupati juga menyerahkan secara simbolis bantuan peralatan mesin jahit kepada perwakilan kelompok usaha menjahit dari 20 desa/kelurahan yang merupakan bagian dari program penciptaan lapangan kerja dan wirausaha baru sesuai dengan visi misi bupati dan wakil Bupati Sinjai tahun 2019-2023. (Adi)

Editor/Bahar

Komentar Facebook
loading...

BERITA TERBARU