oleh

Kondisi Kanal Dalam Kota Sinjai Memprihatinkan

KABARSINJAI.COM, SINJAI, – Terusan atau kanal yang berada di Jalan Manimpahoi – Jalan Bulo-bulo Timur di Kecamatan Sinjai Utara, kota Sinjai terlihat sangat memprihatinkan.

Dari pantauan Kabarsinjai.com, terlihat banyak sampah yang menumpuk dan mengapung dibantaran kanal tersebut.

Perawatan kebersihan jembatan pun, tampaknya tak dilakukan. Sampah dibiarkan menutupi air membuat air berwarna hitam dan berbau.

Warga setempat, Asri yang dimintai keterangan mengaku, kondisi itu sudah berlangsung lama. “Sudah lama itu pak, tidak pernah juga dibersihkan,” Ujarnya.

Asri juga menuturkan, sampah yang berada di kanal hasil pembuangan warga yang bermukim disekitar kanal.

Baca Juga:
Tim Basket Putri Sinjai ‘Pecundangi’ Sidrap di Penyisihan Group Porda 2018
Satu Atlit ISSI Sinjai Jalani Perawatan di RSUD Lasinrang

Sementara, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Sinjai, Andi Ikbal yang dikonfirmasi mengaku, saat ini pihaknya sedang memulai membersihkan beberapa bantaran sungai sedikit demi sedikit, seperti membersihkan Gulma.

Ikbal juga mengaku, karena terbatas tenaga sehingga pembersihan kanal didalam kita Sinjai tidak dilakukan secara serentak.

Kedepannya, pihaknya akan menerapkan peraturan daerah (Perda) mengenai larangan buang sampah disungai atau di kanal dengan memasang papan bicara.

“Ya, ini juga perilaku warga yang sengaja buang sampah disungai. Padahal itu ada perdanya. Mungkin dia tidak tahu,” jelasnya. (A. Sinar)

Editor/Irawan.

Komentar Facebook

BERITA TERBARU