KPPS Harus Bekerja Profesional, KPU Sinjai: Jangan Labrak Aturan

KABARSINJAI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sinjai meminta kepada Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk dapat bekerja secara profesional dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024.

Demikian disampaikan Komisioner KPU Sinjai Divisi Hukum, Andi Makkarumpa Bahar, saat membuka bimbingan teknis (Bimtek) perhitungan suara dan rekapitulasi suara tingkat KPPS Se-Kecamatan Sinjai Utara di auditorium M. Amir Said UIAD, Jumat (26/1).

Menurut Makkarumpa, KPPS merupakan organ yang paling penting dalam pelaksanaan pemilu sehingga ia berharap KPPS dapat menjalankan peran dan fungsinya sebagai bagian adhoc penyelenggara pemilu.

“Pemilu ini harus kita tuntaskan, tanggung jawab dan suksesnya pemilu ada di tangan teman-teman KPPS,” pungkasnya.

Oleh karena itu, Makkarumpa mengajak seluruh anggota KPPS untuk lebih peduli. Sekecil apapun kendala yang dihadapi agar kiranya dapat dikoordinasikan ke PPS masing-masing, kemudian untuk ditindaklanjuti ke tingkat PPK hingga KPU.

“Sebagai penyelenggara saya minta teman-teman profesional dalam bekerja. Jangan melabrak aturan. Kalau ada kendala segera laporkan ke penyelenggara sesuai tingkatan,” jelasnya.

Bimtek perhitungan suara dan rekapitulasi suara tingkat KPPS Se-Kecamatan Sinjai Utara bakal berlangsung hingga Minggu, 28 Januari 2024 mendatang.

Sebelumnya PPS atas nama KPU melantik anggota KPPS secara serentak pada, Kamis (25/1). Total anggota KPPS yang dilantik sebanyak 5.810 orang. Mereka tersebar di 830 Tempat Pemungutan Suara (TPS). (Ay)