KPU Sebut Tak Ada Pendaftar di Jalur Perseorangan Pilkada Sinjai

KABARSINJAI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sinjai menyatakan tidak ada pasangan calon perseorangan yang menyerahkan dokumen syarat dukungan maupun meng-upload dokumen lewat Aplikasi Sistem Pencalonan (SILON) untuk maju menjadi kontestan perseorangan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

Sejak dibuka per 8 Mei dan berakhir pada 12 Mei, tak satupun bakal pasangan calon yang mendaftar melalui jalur perseorangan tersebut.

Demikian disampaikan Awaluddin, Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Sinjai saat dikonfirmasi via telepon oleh media, sesaat setelah penutupan Pendaftaran.

“Sampai berakhirnya jadwal penyerahan syarat dukungan tidak ada pasangan calon yang menginput melalui SILON,” jelasnya, Senin (13/5/2023).

Tak hanya menyerahkan dukungan, kata dia sejak 8 Mei 2024 kemarin, tidak ada satupun pasangan calon yang berkomunikasi dengan KPU. Khususnya dalam aktivasi Akun Sistem Informasi Pencalonan (SILON) dan berkomunikasi terkait cara menginput syarat dukungan ke Silon.

Diketahui, Untuk syarat minimal dukungan bakal calon perseorangan, wajib mengumpulkan sebanyak 19.619 fotokopi KTP-el dari total daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 196.181 jiwa yang wajib tersebar di 5 kecamatan dari total 9 kecamatan di kabupaten Sinjai. (*)

Komentar