oleh

KPU Sinjai Mulai Buka Pendaftaran Caleg, Ini Persyaratannya

KABARSINJAI.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sinjai mulai membuka pendaftaran calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Hal itu diketahui melalui surat penyampaian yang masuk di Radio Suara Bersatu dari KPU Sinjai perihal Pengumuman Pengajuan Bakal Calon Anggota DPRD Sinjai dalam pemilu 2019.

Dalam surat yang ditandatangani oleh Sekretaris KPU Sinjai Drs. M. Haris. M.Pd jelas bahwa pendaftaran calon anggota DPRD Sinjai mulai buka, 4 Juli hingga 17 Juli 2018 di Kantor KPU Sinjai, Jalan Bayangkara

Untuk hari pertama pendaftaran sampai hari ke-13, KPU membuka pendaftaran mulai pukul 08.00-16.00 Wita, sedangkan hari terakhir atau ke-14, mulai pukul 08.00 sampai pukul 24.00 Wita

Mengenai syarat pengajuan bakal calon yakni diajukan oleh pimpinan partai politik dari kepengurusan yang sah sesuai tingkatannya. jumlah bakal calon paling banyak 100% dari jumlah kursi yang ditetapkan pada pada setiap dapil dan keterwakilan perempuan paling sedikit 30% disetiap dapil.

Sementara syarat bakal calon diantaranya, telah berumur 21 tahun, berpendidikan paling rendah tamat sekolah menengah atas dan sederajat, tidak pernah sebagai terpidana yang diancam pidana 5 tahun atau lebih berdasarkan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap, Bukan mantan terpidana bandar narkoba, kejahatan seksual terhadap anak dan korupsi. sehat jasmani dan rohani serta bebas penyalagunaan narkotika dan terdaftar sebagai pemilih.

Selain itu bagi Kepala Daerah, PNS, TNI/Polri, Kepala desa dan perangkat desa, maupun direksi, komisaris, dewan pengawas atau karyawan pada BUM, BUMD, BUMdes atau badan lain yang anggarannya bersumber dari keuangan negara harus mengundurkan diri dan beberapa persyaratan lainnya.

Informasi lebih lanjut dapat diperoleh melalui Helpdesk Pemilu Tahun 2019 KPU Kabupaten Sinjai. Sedangkan Data dan informasi mengenai pelaksanaan tahapan pencalonan dapat diakses melalui infopemilu. kpu.go.id. (8)

Editor / Riswan

Komentar Facebook

BERITA TERBARU