oleh

Kunjungan Wisatawan ke Indonesia Menurun, Ini Pemicunya

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat terjadi penurunan penumpang angkutan udara domestik pada Juni 2017 sebanyak 7 juta orang atau turun 3,6 persen. Sementara penerbangan international juga turun 0,39 persen menjadi 1,3 juta orang dibanding bulan sebelumnya.

Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Enny Sri Hartati menyebut, hal itu dipicu oleh daya beli masyarakat yang menurun.

Pada periode Mei – Juni 2017 disebut menjadi momen masyarakat lebih memprioritaskan kebutuhan primernya dibanding sekunder. Hal itu juga bertepatan dengan momen hari raya Idul Fitri.

“Orang kan misalnya kalau uangnya terbatas kan yang dibutuhkan kebutuhan pokok dahulu. Misalnya lebaran pun beli bahan makanan dulu, tidak beli pakaian dulu,” ujarnya di Jakarta, Kamis (3/8).

Lain halnya dengan mereka yang memiliki penghasilan diatas rata-rata dibanding para pegawai dengan penghasilan Upah Minimum Regional (UMR). Meski kebutuhan primer menjadi prioritas, rekreasi tetap mereka lakukan dengan plesiran ke tempat berbiaya rendah.

“Jadi bertingkat kalau yang kelas menengah keatas yang tadinya pleserinnya ke luar negeri ke dalam negeri, yang tadinya antar kota jadi ke ragunan aja,” pungkasnya. (Jawapos)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU