oleh

Kurangnya Hakim, Membuat PA Sinjai Kewalahan Menghadapi Perkara

KABARSINJAI,COM, Sinjai – Jumlah Hakim di Pengadilan Agama (PA) kelas II B Sinjai hanya 4 orang. Hal ini membuat hakim yang bertugas di PA kelas II B Sinjai ini, kewalahan menghadapi perkara yang jumlahnya mencapai ratusan setiap tahunnya.

Menurut, Ketua PA Sinjai, Sitti Rusiah, kondisi tersebut menyebabkan sidang perkara yang dijadwalkan dan ditangani PA Sinjai selama 3 hari kerja, Selasa, Rabu, dan Kamis biasanya berlangsung hingga malam hari.

“Hakim di PA Sinjai hanya 4 jadi saya yang juga hakim harus turun melakukan sidang terhadap perkara yang masuk,” pungkas Sitti Rusiah saat ditemui di Ruang kerjanya, Rabu (12/12/2018).

Idealnya, jumlah hakim dengan struktur kelembagaan di PA Sinjai, Lanjut Rusiah harusnya 8 orang yang dibagi dalam 3 majelis, yakni Majelis A yang dipimpin Ketua PA, Majelis B dipimpin Wakil Ketua PA, dan Majelis C yang dipimpin hakim yang dipilih sesuai tingkat keseniorannya.

Baca Juga:
Tersangka Kasus Penyalahgunaan ADD di Sinjai Kini Ditahan di Lapas Makassar
Tak Hanya Ekonomi, Perceraian di Sinjai Juga Disebabkan Perselingkuhan

Namun faktanya, dengan kekosongan kursi Wakil Ketua sehingga Majelis B tidak ada, yang berdampak pada jadwal persidangan lainnya karena jika Majelis A bersidang harus menungggu Ketua Majelis C sebagai Hakim anggota.

” PA Sinjai masih sangat membutuhkan 4 hakim lagi karena idealnya PA Sinjai membutuhkan 3 Majelis masing -masing 1 majelis 3 hakim, sedangkan jumlah perkara yang ditangani terus bertambah. Nah kadang kita sidang sampai malam tergantung perkaranya,” jelasnya.

Meski demikian, Rusiah mengaku tidak dapat berbuat banyak sebab penambahan hakim bagi PA Sinjai tergantung dari seleksi yang dibuka oleh Mahkamah Agung Republik Indonesia setiap tahunnya.

Dari data yang berhasil dihimpun, PA Sinjai menangani perkara sebanyak 651 dari periode Januari Hingga pertengahan Desember 2018. Perkara tersebut mulai dari perceraian, cerai talak, hingga perkara dispensasi anak dan perkara penetapan ahli waris. Dengan rincian perkara Isbaht nikah 208 perkara, Dipensasi 76 perkara,

Penetapan Ahli Waris 11 perkara, dan Gugatan cerai termasuk harta bersama 340 perkara. (Adi)

Editor / Bahar.

Komentar Facebook

BERITA TERBARU