oleh

Lagi, Perpustakaan di Sinjai Raih Prestasi di Tingkat Sulsel

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kabupaten Sinjai bersama sejumlah pustakawan mengikuti kegiatan ‘Peer Learning Meeting’ (PLM) yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Wilayah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

Kegiatan yang dibuka Kepala Dinas Perpustakaan Sulsel, Hasan Sijaya ini sebagai wadah bertukar pikiran untuk melakukan rencana kerja transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial.

Pantauan media, ada beberapa pegiat literasi yang turut andil dalam kegiatan virtual ini dari 7 Kabupaten, salah satunya adalah Sinjai. Pelaksanaannya dilakukan selama 2 hari, yakni Senin-Selasa, 21-22 September 2021.

“Ini merupakan ajang belajar dan bertukar pengalaman antar perpustakaan dan juga untuk memperkuat proses mentoring dan monitoring perpustakaan di Kabupaten maupun di desa,” ucap Kepala Dispusip Sinjai, Mansyur. Rabu, (22/09/2021)

Saat ini kata Mansyur, perpustakaan daerah di Sinjai mendapat program dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) untuk menggalakkan program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial dan literasi sejak tahun 2020 lalu.

Alhasil, setahun program tersebut berjalan, 5 desa yang ada di Sinjai menjadi penerima manfaat dari program tersebut, yaitu Desa Barania, Desa Polewali, Desa Saohiring, Desa Kalobba dan Desa Sukamaju.

“Karena program ini dimanfaatkan dengan baik, akhirnya melalui kegiatan PLM tersebut, dua perpustakaan desa berhasil meraih prestasi, masing-masing terbaik 2 diraih Perpustakaan Makkawarue Desa Saohiring, dan terbaik 4 oleh Perpustakaan Desa Barania,” jelasnya.

Tidak hanya itu, sebagai peserta terbaik juga berhasil diraih oleh Fasilitator Daerah Kabupaten Sinjai sekaligus selaku pegiat literasi, Mirfayani Mirsal bersama Plt. Kepala Desa Saohiring, Rahmatullah Amir.

“Mudah-mudahan ini menjadi awal dalam membumikan literasi di tengah masyarakat,” tutup mantan Sekretaris Diskominfo dan Persandian Kabupaten Sinjai itu. (Tim)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU