Lantik 116 Pengawas TPS, Ketua Panwascam Kahu Tekankan Integritas

KABARSINJAI – Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) Kahu, Kabupaten Bone Andi Supriadi, melantik secara resmi 116 pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) di aula Kecamatan Kahu, Senin (22/1).

Usai melantik, Andi Supriadi mengatakan, pelantikan ini merupakan agenda formal sekaligus momentum awal Panwaslu Kecamatan Kahu untuk menegaskan kembali kepada seluruh jajaran terutama kepada jajaran Pengawas TPS yang baru saja dilantik bahwa pengawas pemilu merupakan salah satu komponen utama dalam sistem penyelenggaraan pemilu.

Oleh karena itu, Pengawas TPS sebagai bagian integral struktur Bawaslu, kata dia juga wajib memiliki kapasitas dan kapabilitas yang memadai serta sikap integritas yang mumpuni agar mampu mewujudkan terciptanya pemilihan umum yang Luber dan Jurdil.

“PTPS sebagai ujung tombak pengawasan pemilu memegang peranan penting dalam mewujudkan implementasi kedaulatan rakyat di TPS secara berkeadilan dan bertanggung jawab,” pungkasnya.

Menurut Andi Supriadi, Para pengawas di tingkat TPS, ini akan bertugas membantu Panwascam dan Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) dalam mengawasi pemutakhiran data pemilih (Mutarlih), kampanye, distribusi logistik pemilu, serta pemungutan dan penghitungan suara (Tungsura) di kecamatan Kahu.

“Sejak hari pelantikan ini hingga 7 hari pasca pemungutan suara, Pengawas TPS akan bertugas membantu Panwascam dan PKD mengawasi seluruh tahapan penyelenggaraan Pemilu,” pungkasnya.

Pelantikan 116 pengawas TPS juga dirangkaikan dengan pembekalan dan peningkatan kapasitas yang dibawakan oleh Komisioner Komisi Pemilihan Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Bone periode 2018-2023 Andi Mappaninsong,S.Pd., M.Pd.

Kegiatan ini turut disaksikan oleh unsur Tripika Kecamatan Kahu, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel), yang ditutup dengan foto bersama dan pemberian ucapan selamat kepada pengawas TPS yang dilantik. (*)