oleh

Lewat Dongeng, Anak-anak di Lammati Rilau Dikenalkan Literasi

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Beragam variasi terus digiatkan sejumlah kalangan di Kabupaten Sinjai demi meningkatkan minat literasi di tengah pesatnya perkembangan teknologi di era saat ini.

Seperti yang dilakukan Taman Baca ‘Kampoeng Lamatti’ yang menggiatkan literasi kepada santri TK/TPA Abu Hurairah di Lingkungan Onrong Datu, Kelurahan Lamatti Rilau, Kecamatan Sinjai Utara. Kamis, (25/02/2021).

Kegiatan tersebut juga melibatkan Layanan Perpustakaan dan Dongeng Keliling (Pusdongkel) Kabupaten Sinjai dengan melakukan berbagai macam program literasi kepada anak-anak santri.

Seperti menyanyi bersama, mendongeng, serta pemberian apresiasi berupa hadiah kepada anak yang tampil membaca buku di hadapan temannya sebagai bentuk motivasi untuk terus belajar.

BACA JUGA: Sinergitas Pemkab Sinjai dengan PLN, Petani Buah Naga ‘Kena Batunya’

Diketahui, Pusdongkel adalah program layanan perpustakaan dan dongeng keliling milik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sinjai yang bermitra dengan Rumah Dongeng Sinjai.

Pada kesempatan ini, Ketua Bidang Pendidikan Karang Taruna Lamatti Rilau yang membawahi Taman Baca Kampoeng Lamatti, Muhsin menuturkan, melalui program literasi ini dapat menumbuhkan keceriaan dan semangat membaca anak-anak.

“Mereka yang hadir jumlahnya cukup banyak dan antusias mengikuti kegiatan ini. Apalagi selama pandemi, program ini pertama kali diadakan. Semoga bisa bermanfaaat ke depannya,” tuturnya.

Muhsin yang juga salah satu dosen IAIM Sinjai ini berharap, giat literasi terus digiatkan secara berkelanjutan agar dapat menjadi budaya, serta sarana belajar yang menyenangkan bagi anak-anak.

BACA JUGA: Di Sinjai, Materai Rp 10.000 Mulai Diperjualbelikan

“Harapan kami, giat literasi tidak berhenti sampai di sini. Perlu digalakkan sehingga tidak ada seorangpun di Lamatti yang tidak mengenal literasi, terutama di kalangan anak-anak,” harapnya.

Hadir dalam kegiatan ini Ketua Rumah Dongeng Sinjai Mirfayani Mirsal, Penyuluh Agama Kelurahan Lamatti Rilau Kamriana, Pembina TK/TPA Abu Hurairah Dra. Nurlaela, serta mahasiswa KKN-P IAIM Sinjai. (Baso)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU