oleh

Libatkan Dokter Ahli Kejiwaan, Dinkes Sinjai Bantu Trauma Healing Pengungsi Wamena

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Sejak tiba di Kabupaten Sinjai awal pekan kemarin, pemeriksaan kondisi kesehatan terhadap pengungsi kerusuhan Wamena terus dilakukan pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Sinjai.

Bahkan yang menjadi perhatian adalah pemulihan trauma terhadap para pengungsi. Hal itu dengan melibatkan Psikiater atau dokter ahli kejiwaan ke rumah tempat tinggal sementara pengungsi Wamena di BTN Bumi Lappa Mas 1, Jumat (11/10/19)

Menurut Kadinkes Sinjai, dr Andi Suryanto Asapa yang terjun langsung dalam kunjungan, ini menuturkan pelibatan Psikiater sangat penting untuk memberikan tindakan trauma healing kepada para pengungsi yang sebagaimana diketahui kebanyakan adalah anak-anak 4-14 tahun.

Psikiater yang dilibatkan dalam pemulihan trauma para pengungsi, ini juga merupakan dokter spesialis kejiwaan dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sinjai.

Baca Juga: Besok, PLN ULP Sinjai Akan Melakukan Pemadaman Listrik di Tiga Kecamatan, Ada Apa?

“Ini untuk mengecek langsung seperti apa trauma yang dihadapi pengungsi khususnya anak-anak sebelum dititip ke sekolah sementara”, katanya.

Tidak hanya tindakan trauma Healing, tim kesehatan yang terdiri dari petugas kesehatan Puskesmas Balangnipa, PSC 119 dan RSUD Sinjai juga melakukan pemeriksaan kondisi kesehatan seperti tensi darah dan detak jantung.

Sementara untuk screening Malaria, kata dian akan dilakukan di Puskesmas masing-masing, sesuai tempat mereka bermukim.

“Kami memberikan obat-obatan dan vitamin kepada mereka, agar kondisi kesehatan pengungsi ini kembali bugar. Kita berharap para pengungsi ini dapat kembali sehat dan bugar seperti biasanya”, ujarnya.

Upaya yang dilakukan Dinkes Sinjai ini mendapat ucapan terima kasih dari pengungsi. Seperti disampaikan Marwati Sanusi.

Baca Juga: Bapenda Sinjai Kembali Pasang 10 Unit MPOS, Termasuk Warung

Dia mengaku bahwa, perhatian pemerintah khususnya dalam hal pelayanan kesehatan pasca dirinya tiba di Kabupaten Sinjai bersama keluarga dan kerabatanya sangatlah luar biasa.

“Alhamdulillah kami sangat berterima kasih, pemerintah baik petugas kesehatan yang sigap memberikan kami pelayanan kesehatan,” ujarnya saat ditemui. (Adi)

Editor/Bahar

Komentar Facebook
loading...

BERITA TERBARU