oleh

Liburan Usai, Musim Hujan Datang, Waspadai 3 Penyakit Ini Pada Anak

KABARSINJAI.COM, – Saat musim hujan, ada beberapa penyakit sering dialami masyarakat, termasuk anak-anak. Karenanya, orangtua wajib mengetahui penyakit apa saja itu dan bagaimana mencegahnya.

Seperti diinformasikan sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi puncak musim hujan masih akan terjadi antara Januari hingga Maret 2020.

Tak heran tingginya intensitas hujan mengakibatkan beberapa wilayah Jakarta dan sekitarnya banjir sejak 31 Desember 2019.

Padahal, banyak siswa sudah akan mulai aktivitas masuk sekolah Senin pekan depan (6/1/2020).

Baca Juga:

Dikutip dari akun resmi twitter @KemenkesRI yang diposting 1 Januari 2020, orangtua diminta waspada terhadap beberapa penyakit yang sering terjadi saat musim hujan.

“Saat musim hujan seperti sekarang ini menjadi kesempatan bagi microorganisme penyakit untuk menyerang manusia. Karenanya, stamina tubuh harus di jaga agar selalu sehat dan bugar, sehingga ngak gampang terkena penyakit yg sering terjadi saat musim hujan,” tulis akun twitter Kemenkes RI seperti dilansir dari Kompas.com

Berikut penyakit dan pencegahannya:

1. Influenza
Virus ini menyebar melalui cairan tubuh seperti ingus ataupun air liur yang dapat ditularkan melalui mulut, hidung ataupun tangan yang menyentuh benda terkontaminasi.
Pencegahannya: Olahraga Istirahat yang cukup Perbanyak makan buah dan sayur Cuci tangan Pakai masker ketika terkena flu
2. Demam berdarah
Penyakit akibat virus yang dibawa nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictusini sering terjadi di musim hujan saat perkembangbiakan nyamuk meningkat.
Pencegahannya: Menguras bak mandi Menutup tempat air Memanfaatkan barang bekas Melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN)
3. Diare
Penyebab diare adalah mengonsumsi makanan yang berkontaminasi bakteri, virus atau parasit. Diare disebabkan oleh bakteri E Coli, Salmonella, Shigella dan lain-lain.
Pencegahannya: Cuci tangan pakai sabun di air mengalir Buang air besar pada tempatnya Selalu menjaga kebersihan dan kesehatan makanan.

Penulis : Albertus Adit

Editor/Andis

Komentar Facebook

BERITA TERBARU