oleh

Lomba Desa di Sinjai Diawali di Kassibuleng, Ini Indikator Penilaiannya

KABARSINJAI.COM, Sinjai – Tahun ini, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Sinjai kembali mengadakan Lomba Desa Tingkat Kabupaten.

Penilaian lomba desa tersebut diawali di Desa Kassibuleng, Kecamatan Sinjai Borong, Senin (10/02).

“Alhamdulillah hari ini penilaiannya kita mulai di Desa Kassibuleng dan akan berlanjut terus sampai 8 Kecamatan lainnya”, Ungkap Kadis PMD Sinjai, Yuhadi Samad usai melakukan penilaian.

Dikatakan kegiatan ini bukan hal yang baru, sebab telah berjalan setiap tahunnya di Seluruh Indonesia termasuk di Kabupaten Sinjai.

Untuk penilaiannya lanjut dia, tetap mengacu pada Permendagri 81 tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan.

Menurutnya Lomba desa ini untuk mengevaluasi sekaligus mendorong dan memotivasi masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan pembangunan desa.

Lihat juga: Pengamat Ekonomi Nilai Anggaran untuk Rumah Singgah Pasien Rumah Pemkab Sinjai di Kota Makassar ‘Mubazir’

“Jadi secara umum aspek penilaiannnya, Pemerintahan, Kemasyarakatan dan Kewilayahan, semoga lomba ini dapat dijadikan ajang untuk memperlihatkan hasil pembangunan oleh desa selama dua tahun terakhir”, Harapnya.

Di sisi lain, kata Yuhadi Pemerintah Provinsi sangat mengharapkan ada inovasi yang dimunculkan di desa dan bisa menjadi nilai tawar yang tinggi dalam rangka membantu Pemerintah Desa mempercepat pelaksanaan pembangunan Kemasyarakatan dan pemberdayaan di desa yang bersangkutan.

Rencananya, hasil dari penilaian lomba desa ini akan diumumkan pada puncak peringatan hari jadi Sinjai Ke-456, 27 Februari 2020.

Sedangkan desa terbaik, akan mewakili Kabupaten Sinjai pada lomba desa tingkat regional atau tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

“Desa yang terpilih nanti berarti adalah desa yang lebih siap untuk diikutkan pada lomba Desa Tingkat Provinsi nanti”, ketusnya.

Sebelumnya, tim rombongan penilaian lomba desa tingkat Kabupaten Sinjai ini diterima langsung oleh Camat Sinjai Borong, A. Muliati bersama Kepala Desa Kassibuleng, Bahar, di Aula Kantor Desa Kassibuleng.

Hari kedua, Tim Penilai lomba desa tingkat Kabupaten Sinjai akan menyambang Desa Bulukamase, Kecamatan Sinjai Selatan, Selasa (11/02) besok.

Editor / Bahar

Komentar Facebook

BERITA TERBARU