oleh

Luar Biasa, Inovasi Bupati Sinjai Gerai Perizinan Perikanan Jadi Percontohan di SulSel

KABARSINJAI.COM, Sinjai – Gerai administrasi perizinan sektor kelautan dan perikanan Pemerintah Kabupaten Sinjai, kini menjadi percontohan di Sulawesi Selatan (Sulsel).

Buktinya, inovasi yang diluncurkan Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa di awal pemerintahannya bersama Wakilnya Hj Andi Kartini Ottong, ini tengah dilirik daerah lain.

Salah satunya, Pemerintah Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep). Melalui kunjungan kerja lintas sektornya, Pemkab Pangkep menyambangi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sinjai, Selasa (4/2/2020)

Andi Sadda, ketua rombongan Pemkab Pangkep yang ditemui menuturkan kunjungan ke Pemerintah Kabupaten Sinjai, ini dalam rangka kolaborasi terkait sistem pelayanan perizinan yang diterapkan oleh DMPTSP Sinjai.

Lihat juga:  Hadiri Musrenbang di Bulupoddo, DPRD: Skala Prioritas Harus Jadi Perhatian

“Kami dari Pemerintah Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan banyak berdiskusi mengenai sistem yang diterapkan Pemkab Sinjai dalam hal ini DMPTSP terkait pelayanan perizinan. Termasuk gerai perizinan sektor kelautan dan perikanan”, kata Andi Sadda, ketua rombongan Pemkab Pangkep yang saat ditemui.

Kunjungan ke Kabupaten Sinjai ini, kata dian juga merupakan arahan Gubernur Sulsel yang sebelumnya telah menyampaikan ke Pemkab Pangkep untuk melakukan kolaborasi mengenai beberapa pelayanan perizinan yang diterapkan Sinjai.

Apalagi kata dia, Kabupaten Pangkep dan Sinjai memiliki kemiripan yakni memiliki laut, daratan dan pegunungan.

“Ternyata, setelah kami banyak berdiskusi, apa yang diterapkan Pemerintah Kabupaten Sinjai memiliki banyak manfaat. Ya dampaknya masyarakat kita bisa terlayani dengan baik dengan cepat tanpa lagi ke Makassar”, sambungnya.

Hasil kunjungan ini, jelasnya akan segara dilaporkan kepada Bupati Pangkep untuk selanjutnya ditindaklanjuti. “Hal yang serupa kami akan terapkan di Kabupaten Pangkep”, tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP, Lukman Dahlan mengemukakan, kunjungan kerja yang dilakukan daerah lain ini merupakan suatu hal yang membanggakan, karena ide dan inovasi Bupati Sinjai ASA dilihat dan dicontohi oleh kabupaten lain yang ada di Sulawesi Selatan.

Sejak beroperasi, gerai perizinan sektor kelautan dan perikanan Pemkab Sinjai yang terletak di kompleks PPI Lappa sedikitnya telah menerbitkan 1.064 Izin.

Masing-masing izin itu adalah Surat Izin Usaha Perikanan (SIUP) sebanyak 97, Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI) 847, kemudian Surat Izin Usaha Pengangkutan Ikan (SIKPI) 79, dan Bukti Pencatatan Kapal Perikanan (BPKP) 41 izin.(Adv)

Editor/Andis

Komentar Facebook
loading...

BERITA TERBARU