oleh

Mahasiswa Prodi BPI FUKIS IAIM Sinjai, Libatkan 33 Sampling Pada Penelitian Psikologi Diagnostik

Kabarsinjai.com – Mahasiswa semester V (Lima) Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI), Fakultas Ushuluddin dan Komunikasi Islam (FUKIS), Institut Agama Islam Muhammadiyah (IAIM) Sinjai, melakukan penelitian Psikologi Diagnostik yang bertempat di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Sinjai. Sabtu (21/10).

Salah satu mahasiswa yang ditemui tim kabarsinjai.com menjelaskan bahwa salah satu tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi psikologi siswa yang tergolong garis kuning dan merah, siswa yang sering bolos, malas masuk kelas, nakal dan sebagainya.

“Untuk mengetahui kondisi psikologi dan penyebab adik-adik melakukan perbuatan yang menyimpang,” singkat Tamsil yang juga Ketua Umum Himpunan Mahasiswa BPI FUKIS IAIM Sinjai.

Lebih lanjut Tamsil menambahkan bahwa dalam penelitian tersebut pihaknya melibatkan sebanyak 33 siswa yang dijadikan sampling dengan metode penelitian angket.

“Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan membagikan angket kepada siswa, yang berisi 112 pernyataan, dengan masalah yang di ungkap yaitu, masalah kesehatan, ekonomi keluarga, hubungan dengan teman sebaya, pola asuh dalam keluarga, masa depan, hubungan dengan kehidupan disekolah, hubungan dengan guru, kebiasaan belajar, motivasi belajar, dan masalah percintaan. kemudian angket tersebut di isi oleh siswa sesuai dengan realita yang dialami oleh setiap siswa,” jelasnya.

Selanjutnya hasil dari penelitian ini akan di laporkan ke Guru Bimbingan Konseling (BK) di sekolah dan Dosen pembina mata kuliah Diagnostik. (*)

Editor   : A. Mirza.

Komentar Facebook
loading...

BERITA TERBARU