oleh

Makna Pahlawan di Mata Mereka, Menurut Kamu Bagaimana?

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Hari pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November dimaknai beragam oleh pemuda-pemudi, khususnya yang ada di Kabupaten Sinjai.

Seperti yang dikatakan Syahrul Gunawan, pemuda Sinjai Selatan yang merupakan pengurus Karang Taruna Desa Alenangka, memaknai hari pahlawan sebagai momentum bersejarah di negeri ini.

“Hari pahlawan ini satu momentum bersejarah di Indonesia. Tidak hanya itu, momen ini kita bisa kembali mengambil keteladanan atas perjuangan para pahlawan Indonesia, seperti kegigihan dan pantang menyerah,” ujarnya kepada media. Rabu, (10/11/2021)

Di tempat lainnya, Sri Fatmawati, mahasiswa IAIM Sinjai mengartikan hari pahlawan sebagai cara memajukan bangsa dan negara dengan melahirkan prestasi yang membanggakan.

BACA JUGA: Kenang Para Pahlawan, Forkopimda Sinjai Ziarah di TMP Mangottong

“Pada hari pahlawan ini, bagaimana kita bisa menjadi generasi yang hebat dan berprestasi dengan tidak menghilangkan nilai-nilai moral yang telah diwariskan para pahlawan kita,” beber Fatma.

Lain halnya dengan pemuda yang juga Runner Up Duta Lingkungan Hidup Sulawesi Selatan, Riswandi. Menurutnya, hari pahlawan tidak lagi dimaknai sebagai bentuk berperang melawan penjajah.

“Makna pahlawan hari ini ketika kita mampu menyelamatkan hajat hidup orang banyak. Mampu menyelamatkan dan menjaga kelestarian alam kita. Itu semua bisa dimulai dari kebiasaan kecil, salah satunya membuang sampah pada tempatnya,” ungkapnya.

BACA JUGA: Pemkab Sinjai Kumpulkan Panitia Pilkades, Ini Tujuannya

Secara terpisah, salah seorang guru TK Thoriqul Jannah Sinjai, Haslinda menganggap, peringatan hari pahlawan harus dijadikan sebagai bentuk penerapan sikap yang telah dicontohkan para pahlawan pejuang bangsa dalam kehidupan sehari-hari.

“Para pahlawan kita sudah memberikan contoh melalui nilai-nilai yang dapat kita implementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Mari jadikan momen ini untuk menjadi generasi yang lebih baik ke depannya,” tandasnya. (Tim)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU