oleh

Maksimalkan Pendapatan Daerah, Bapenda Sinjai Dorong Ranperda Perluasan Jenis Pajak

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Pemerintah Kabupaten Sinjai dibawah nahkoda Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) dan Wakilnya, Hj. Andi Kartini Ottong terus melakukan upaya dalam meningkatkan pendapatan daerah melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Sinjai.

Hal tersebut dikuatkan dengan adanya usulan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yang telah diajukan Bapenda Sinjai mengenai penggabungan sejumlah Perda tentang pajak daerah.

Lantas hal itu dibenarkan Kepala Bapenda Sinjai, Asdar Amal Darmawan saat ditemui jurnalis Kabar Sinjai di kantornya. Selasa, (05/01/2021).

Asdar menjelaskan, instansi yang dipimpinnya berencana akan menyatukan 8 Perda terkait pajak daerah untuk digabung menjadi 1 Perda.

BACA JUGA: Kunjungi Bapenda Sinjai, Bupati ASA Tekankan ini

“Hal ini telah kita dorong ke Bapemperda DRPD Sinjai dan sudah diplenokan sebagai salah satu usulan pembahasan rancangan Perda Tahun 2021,” ungkapnya saat ditemui.

Selain mendorong rencana penyatuan Perda tersebut lanjut Asdar, dirinya juga saat ini telah mengkaji kemungkinan untuk melakukan penambahan jenis pajak baru, yakni pajak sarang burung walet.

“Kami mengacu pada Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 yang menjadi kewenangan Pemerintah Daerah (Pemda) untuk melakukan pemungutan pajak daerah,” tukasnya.

BACA JUGA: Kemenag Sinjai Peringati HAB Ke- 75, Bupati ASA Titip Pesan

Sementara itu, Bupati ASA menyampaikan apresiasinya terhadap Bapenda Sinjai yang terus melakukan terobosan terhadap penerimaan pajak daerah.

“Mudah-mudahan Bapenda terus berkreasi, bekerja dan kembali bisa mencapai target yang telah ditetapkan, termasuk perencanaan berjalan lancar seperti Ranperda yang diusulkan di DPRD bisa disetujui dan direalisasikan dengan baik di masyarakat,” harap ASA. (Ril/Baso)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU