oleh

Malam Ini, 8 Sanggar Seni Meriahkan Festival Pertunra Sinjai Fest & Expo 2020

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Sebanyak 8 sanggar seni akan beradu cerita dalam kegiatan Festival pertunjukan rakyat (Pertunra) media tradisional di panggung utama Arena Sinjai Fest & Expo 2020, Jumat malam (21/2/2020)

Festival yang digelar Dinas Komunikasi Informatika (Diskominfo) dan Persandian Kabupaten Sinjai, tersebut dijadwalkan berlangsung mulai pukul 19:30 Wita hingga selesai.

“Inshaa Allah malam ini kita sudah gelar di panggung utama area Sinjai Fest & Expo 2020,Ada 8 peserta atau sanggar seni yang siap berkompetisi malam ini”, Kepala Seksi Pengelolaan dan Integrasi Komunikasi, Bidang Informasi Komunikasi Publik (IKP) Diskominfo dan Persandian Sinjai, Fatmawati.

Baca Juga: Mantap Tawwa, Investor Asal Jepang Lirik Potensi Perikanan Sinjai

Untuk indikator penilaian, Fatmawati mengatakan ada beberapa aspek yang harus diperhatikan. Tahun ini juga melibatkan sejumlah tokoh budayawan hingga pelaku seni sebagai tim juri.

Mereka diantaranya adalah Drs Muhammad Yusuf Achmad, Drs Muhannis, MM, Rudi Farooc, dan Abidin Wakur.

“Ada indikator penilaian yang akan dinilai tim juri dan harus diperhatikan betul seperti unsur pesan, keterpaduan, hiburan, musik, tari/gerak, aspek penunjang”, tambahnya.

Yang berbeda, kata Fatmawati adalah pelaksanaan festival Pertunra kali ini adalah dijadikan sebagai ajang pencarian atau menjaring beberapa aktor untuk mengikuti Festival Pertunra tingkat Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2020.

“Yang juara malam ini tidak mutlak mewakili Sinjai di ajang regional karena kita akan seleksi dari beberapa pemain dulu melalui kegiatan sebentar malam untuk digabung, kemudian mewakili Sinjai di tingkat provinsi”, jelasnya.

Baca Juga: Dinkes Periksa Kesehatan Makanan di Lokasi Sinjai Fest & Expo 2020, Ini Hasilnya

Salah satu tujuan pelaksanaan Festival Pertunra sendiri tidak lain melestarikan budaya, adat istiadat, kesenian tradisional, menanamkan nilai-nilai dan menyampaikan pesan moral serta inspirasi kepada masyarakat di Kabupaten Sinjai.

Adapun sanggar seni yang siap berkompetisi malam ini, diantaranya Sanggar Seni MAN 1 Sinjai, Bola Loppoe Rutan Sinjai, Phinisj Sinjai, 277 Sinjai, Forum Seni Sinjai Barat, Pasija Sinjai Selatan, Panrita SMAN 5 Sinjai dan sanggar seni Jendral ‘S’ SMKN 1 Sinjai. (Ay)

Editor/Andis

Komentar Facebook
loading...

BERITA TERBARU