oleh

Manfaat Melakukan Olahraga Pencak Silat Bagi Tubuh

KABARSINJAI.COM, – Mempelajari olahraga bela diri merupakan salah satu cara yang biasa dilakukan seseorang untuk menjaga keselamatan dirinya. Beberapa orang juga melakukan hal ini karena kesenangan yang mereka miliki.

Olahraga bela diri biasanya memadukan berbagai gerakan bertahan dan menyerang yang bisa menguras fisik seseorang. Berbagai gerakan yang dilakukan ini bisa membuat seseorang menjadi lebih bugar dan mendapat manfaat kesehatan.

Manfaat dari melakukan olahraga bela diri yang bisa kamu peroleh ini tak hanya sebatas kesehatan fisik saja. Mental yang kamu miliki juga bisa terasah dan lebih sehat dengan melakukan jenis olahraga ini.

Kamu bisa memilih berbagai olahraga bela diri yang tradisional seperti pencak silat. Namun kamu juga bisa mempelajari berbagai bela diri yang sedang ramai seperti campuran berbagai aliran pada Mixed Martial Arts.

Sejumlah manfaat baik secara kesehatan maupun perlindungan diri, bela diri merupakan salah satu hal yang sebaiknya kamu lakukan. Dilansir dari Times of India, berikut sejumlah manfaat kesehatan yang bisa kamu peroleh dari olahraga bela diri.

Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Bela diri membutuhkan kamu berolahraga secara keras untuk melakukannya. Olahraga yang berbeda bisa meningkatkan detak jantungmu sehingga membuatmu memiliki daya tahan kardiovaskular yang lebih sehat. Oleh karena itu, olahraga ini sangat cocok untuk

Meningkatkan Fleksibilitas

Berbagai gerakan seperti high kicks, membanting, dan mengelak merupakan berbagai prinsip dasar bela diri. Melakukan berbagai gerakan seperti ini bisa membantu meningkatkan fleksibilitasmu. Dengan kondisi tubuh yang fleksibel, maka risiko cedera yang kamu miliki menurun.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Bela diri merupakan aktivitas fisik intensitas sedang yang bisa membuatmu membakar 500 kalori dalam satu sesi. Sejumlah gerakan dalam bela diri bisa membakar kalori lebih cepat. Dengan membatasi jumlah makanan, maka hal ini bisa membantumu untuk menurunkan berat badan.

Menjaga Tekanan Darah

Sebagian besar teknik bela diri membutuhkan latihan intens dan bisa berdampak pada kesehatan secara keseluruhan. Gerakan berulang pada latihan bisa membantu menjaga kesehatan kardiovaskular dan menjaga tekanan darah.

Meningkatkan Refleks

Ketika kamu melakukan bela diri dan berlatih secara rutin maka refleks yang kamu miliki akan meningkat karena terus dilatih. Meningkatkan refleks secara konstan dan berulang bisa membuat kamu memiliki reaksi yang lebih cepat.

Meningkatkan Kesehatan Secara Keseluruhan

Kalori dalam jumlah besar bakal terbakar ketika kamu melakukan bela diri. Secara umum, dengan tubuh yang bugar dan kalori yang terbakar, kamu bisa memperoleh kesehatan tubuh secara keseluruhan. (mdk/RWP)

Sumber: m.merdeka.com

Komentar Facebook
loading...

BERITA TERBARU