oleh

Manfaatkan Air Kelapa Jadi Kecap, PKM Unhas Makassar Beri Pelatihan Masyarakat Desa Sanjai Sinjai Timur

KABARSINJAI.COM – Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Departemen Kimia Universitas Sultan Hasanuddin (Unhas) Makassar, menggelar Pelatihan Pengolahan Air Kelapa menjadi Kecap dengan Pengawet Kitosan di Desa Sanjai Kecamatan Sinjai Timur, Kamis (30/8/2018).

Pelatihan yang diikuti puluhan anggota Kelompok Tani Mattoanging, Pengurus PKK, dan Karang Taruna Desa berlangsung di Aula Kantor Desa Sanjai.

Baca Juga: Diduga Lakukan Pungli Puluhan Juta, Ini Kata Kepala DLKH Sinjai

Ketua Tim PKM Unhas Makassar, Dr. Hasnah Natsir, mengatakan, sebagai salah satu daerah yang mempunyai potensi kelapa yang cukup besar di Sulawesi Selatan, harusnya dapat menjadi modal dasar dalam merintis tumbuhnya home industrI kecap di Desa Sanjai.

“Potensi kelapa yang dimiliki belum maksimal dikembangkan terutama pemanfaatan air kelapa yang selama ini hanya dimanfaatkan untuk kebutuhan konsumsi masyarakat, namun ketika berlebih kadang dibuang percuma,” katanya.

Dia berharap dengan adanya pelatihan ini dapat menjadi stimulus bagi masyarakat di Desa Sanjai kedepan.

Baca Juga:
Pendidikan Anak Korban Gempa Lombok di Sinjai Jadi Perhatian Kadis Pendidikan
Sekkab Sinjai Akan Buat Aturan Larangan PNS Menggunakan Elpiji 3 Kg

Sementara itu, Sekertaris Desa (Sekdes) Sanjai, Andi Sudarman mengaku mengapresiasi pelaksanaan pelatihan ini. Menurutnya, pelatihan ini dapat membuka wawasan serta menambah pengetahuan warga terhadap pengembangan potensi lokal desa melalui pendekatan teknologi sehingga dapat menjadi peluang wirausaha bagi warga desa.

“Mudah-mudahan kegiatan semacam ini dapat dilakukan kembali di desa Sanjai, sebab secara prinsip kegiatan seperti ini dapat menjadi salah satu solusi yang sangat baik dalam menyelesaikan problem terumata yang terkait dengan pengembangan potensi SDA dan SDM di desa-desa,” tuturnya. (*)

Editor/Riswan.

Komentar Facebook

BERITA TERBARU