oleh

Mappogau Sihanua, Bupati ASA: Punya Nilai Sosial, Budaya dan Ekonomi yang Kuat

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA), mengaku bangga dengan keragaman budaya yang dimiliki Kabupaten Sinjai sejak dulu dan masih dipertahankan hingga saat ini.

Sama seperti pesta adat Mappogau Sihanua, even ini kata dia memiliki nilai sosial budaya dan ekonomi yang positif sebab akan menjadi potensi bertambahnya agenda wisata budaya yang dapat menarik wisatawan lokal maupun mancanegara.

“Saya bersyukur dan bangga pesta adat ini masih dipertahankan apalagi memiliki banyak makna dan nilai filosofi yang kental dalam rangka penguatan budaya lokal dan jati diri bangsa,” kata Bupati ASA saat menghadiri Pesta Adat Mappogau Sihanua, di desa Tompobulu, Kecamatan Bulupoddo, Kabupaten Sinjai, Senin (17/10/2022).

Oleh karena itu, Bupati ASA menegaskan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai mendukung pesta adat Mappogau Sihanua semaksimal mungkin sebagai salah satu strategis pembangunan, khususnya dalam menggali potensi kebudayaan yang dapat dikembangkan dan dijadikan akses budaya lokal yang mempunyai ciri khas dan daya pikat wisata.

BACA JUGA:
Serahkan SK Pengangkatan, Ini Pesan Bupati ASA Ke 331 PPPK Guru

Masjid Al-Kautsar Taipa Diresmikan, ini Harapan Camat Sinjai Utara

Orang nomor satu di Kabupaten Sinjai, ini juga mengajak seluruh masyarakat Tompobulu dan sekitarnya, khususnya masyarakat adat untuk sama-sama aktif dalam mensukseskan pesta adat Mappogau Sihanua.

“Partisipasi masyarakat menjadi kunci kesuksesan penyelenggaraan kegiatan begitupun dengan pesta adat ini, untuk itu saya mengajak seluruh masyarakat aktif dalam mendorong kemajuan budaya yang dapat mengangkat harkat dan martabat bangsa melalui budaya lokal,” harapnya.

Even atau tradisi Mappogau Sihanua sendiri digelar setiap tahun sebagai rasa syukur atas keberhasilan panen pertanian maupun perkebunan warga di Desa Tompobulu.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Wakil ketua II DPRD Sinjai, Mappahakkang, Dandim 1424 Sinjai, Letkol Inf. Sumardi, perwakilan Polres, Kejari Sinjai dan Kepala OPD lingkup Pemkab Sinjai serta masyarakat adat.

BACA JUGA:
Imtihan Tahfiz Spesial Ponpes Darul Istiqamah Puce’e, Bupati ASA Harap Lahirkan Generasi Qur’ani

Tingkatkan Kapasitas, AKUMANDIRI Sinjai Boyong Pelaku IUMKM ke BBSPJIHPMM Kemenperin RI

Pada kesempatan itu, Bupati ASA juga menyerahkan Surat Keputusan (SK) pengakuan dan perlindungan adat Karampuang. SK tersebut diserahkan Bupati ASA kepada Panggella selaku ketua adat Karampuang disaksikan oleh para pemangku kebijakan serta tamu undangan lainnya.

Pesta adat Mappogau Sihanua sebelumnya juga mendapat penghargaan dari Kementerian sebagai salah satu warisan tak benda. (UC)

Komentar Facebook