oleh

Melalui Tahap Seleksi, Bantuan Bibit Sapi Pemkab Sinjai Dipastikan Sehat

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Program bantuan bibit sapi potong kepada 20 kelompok tani di Kabupaten Sinjai, dipastikan sehat sebelum diserahkan kepada masing-masing kelompok.

Hal itu diungkapkan, Kepala Bidang Produksi Dan Pengolahan Hasil Peternakan (PHP) DPKH Sinjai, drh Ratnawati saat ditemui disela-sela penyerahan bantuan di Kelompok Tani Timbasoang, di Desa Kampala, Kecamatan Sinjai Timur, Senin (2/12/2019)

Ia menjelaskan, kesehatan bibit sapi potong yang diberikan tersebut telah melalui hasil seleksi yang dilakukan DPKH Sinjai.

Baca Juga: Bantuan Bibit Sapi Pemkab Sinjai Kini Sentuh Delapan Kelompok Tani

Selain itu juga dilakukan pemeriksaan kesehatan meliputi uji Rose Bengal Test (RBT) dan uji Antraks kepada bibit sapi.

“Jadi ini untuk menjamin perkembangan sapi kedepan bagi peternak yang menerima. Makanya harus sehat karena selain menyeleksi sapi juga dilakukan pemeriksaan kesehatan sapi”, katanya.

Sedang untuk bantuan bibit sapi potong yang diberikan juga harus memenuhi syarat meliputi tinggi badan dan usia bibit sapi itu sendiri.

“Kalau tinggi badan sapi 102 Cm, sedangkan umur bibit sapi yang disalurkan ini dikisaran 14-15 Bulan, itu harus terpenuhi baru bisa lolos seleksi”, jelasnya.

Baca Juga: Matangkan Tupoksi Kedewanan, Anggota DPRD Sinjai Ikuti Orientasi, Harapan Bupati Seperti Ini

Tahun ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai menyediakan 200 ekor bantuan bibit sapi potong kepada 20 kelompok tani di Kabupaten Sinjai. Masing-masing mendapatkan 10 ekor sapi per kelompok.

Bantuan bibit sapi potong ini merupakan bentuk komitmen Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa dan Wakil Bupati Sinjai, Hj Andi Kartini Ottong dalam mempercepat populasi ternak di Bumi Panrita Kitta, sekaligus upaya dalam mensejahterakan masyarakat Kabupaten Sinjai, khususnya bagi masyarakat peternak. (Adi)

Editor/Andis

Komentar Facebook
loading...

BERITA TERBARU