Menang Telak Atas Taiwan, Timnas U-23 Diminta Fokus Menatap Laga Selanjutnya

KABARSINJAI – Timnas Indonesia U-23 menang telak 9-0 atas Taiwan dalam laga babak kualifikasi Piala Asia U-23 2024 grup K di Stadion Manahan, Kota Solo, Sabtu (9/9/2023).

Berkaitan hal itu, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir minta Timnas U-23 tidak terlena. Ia pun meminta Timnas U-23 untuk tetap fokus menatap laga melawan Turkmenistan pada 12 September 2023 mendatang. Mengingat tim lawan jauh lebih kuat dibandingkan Taiwan.

“Saya ucapkan selamat kepada Timnas Indonesia. Namun, saya ingatkan jangan sampai menang 9-0 ini membuat terlena. Tanggal 12 September melawan Turkmenistan yang bukan tim sebelah mata. Mereka menang 4-0 atas Taiwan dan beberapa pemain senior akan bergabung ke U-23. Jadi ayo fokus,” ujarnya saat ditemui seusai menyaksikan laga Indonesia melawan Taiwan di Stadion Manahan.

BACA JUGA: Haornas Meriah, Bupati ASA Jalan Sehat Bersama Warga Sinjai

Erick menambahkan, hal tersebut juga ia sampaikan kepada para pemain saat menemui mereka di ruang loker. Menteri BUMN itu berharap tim bisa tetap fokus untuk masa depan. Karena Piala Asia di Qatar pada April 2024 mendatang merupakan babak kualifikasi Olimpiade.

“Karena kita berharap tentu kalau tanggal 12 September kita main baik, kita masuk kejuaraan AFC (Piala Asia) Qatar bulan April 2024, sehingga itu merupakan babak kualifikasi Olimpiade. Lalu untuk para pemain saya tanya, ‘Anda mau enggak main di olimpiade? Kalau nanti sama Turkmenistan juga hasilnya baik, nanti ke Qatar ya fokus lagi kalau ingin menjadi tim yang benar-benar Indonesia bisa banggakan,” tegasnya.

Di sisi lain Erick memuji performa para Garuda Muda dalam laga melawan Taiwan yang dinilainya melebihi standar permainan timnas selama ini.

“Karena ini saya bilang generasi emasnya Indonesia. Kita bisa lihat hari ini di babak pertama itu standarnya sudah standar yang tidak pernah kita lihat ya. Di babak kedua ya masih bisa standarnya,” kata Erick.

Ia pun berharap permainan yang disajikan saat melawan Taiwan bisa dipertahankan saat Timnas U-23 menghadapi tim-tim besar. Menurutnya, belajar dari pengalaman sebelumnya, Indonesia selalu kesulitan dalam penguasaan bola.

BACA JUGA: Gempa Bumi 6,1 Magnitudo Guncang Donggala

“Namun, kembali, bisa enggak bermain seperti itu dengan tim-tim besar. Karena penguasaan bola, kita pernah belajar waktu beberapa pemain kita yang waktu itu yang main di sini lawan Argentina, penguasaan bola mereka lebih dominan. Nah ini yang saya minta mereka benar-benar serius, fokus untuk pertandingan berikutnya. Jangan terlena di hasil hari ini,” tutupnya. (Berita Satu)