Mulai Diperbincangkan, DILAN Figur Calon Penantang ASA di Pilkada Sinjai

KABARSINJAI – Atmosfer Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Sinjai mulai terasa. Sejumlah figur yang berpotensi menantang petahana Andi Seto Asapa (ASA), mulai mencuat. Bahkan sejumlah figur mulai muncul dan siap meramaikan bursa calon kepala daerah serentak 2024.

Salah satu figur yang kini mulai ramai diperbincangkan adalah “DILAN”. Pendatang baru di Pilkada 2024 Sinjai, ini optimis bakal masuk bursa calon Bupati dan Wakil Bupati Sinjai periode 2024-2029.

Ridwan tim pemenangan DILAN yang ditemui awak media menegaskan figur yang dimaksud itu saat ini mulai membangun komunikasi dengan sejumlah tokoh di Kabupaten Sinjai hingga ke pusat.

“Sudah mulai bergerak untuk mendapatkan dukungan sebagai calon peserta Pilkada Sinjai,” ujarnya, Selasa (5/3).

Menurut Ridwan, DILAN layak diperjuangkan karena dianggap mau mengabdikan diri dan mensejahterakan masyarakat Sinjai.

Terlepas dari komitmennya ingin membangun Bumi Panrita Kitta’, DILAN juga dinilai sangat cocok untuk memimpin Kabupaten Sinjai, lantaran dirinya merupakan sosok yang bersahaja, mementingkan kepentingan umum daripada mementingkan kepentingan pribadi.

Ditanya siapa sosok DILAN sebenarnya, Ridwan yang menjadi tim yang mempunyai tagline MILEA (Militansi dan Berdedikasi), ini masih enggan membeberkan figur yang dimaksud.

“Sabar, belum saatnya. Akan kami sampaikan saat waktunya tiba. Intinya DILAN ini adalah pengusaha yang ingin terjun ke politik hanya karena ingin melihat masyarakat Sinjai lebih sejahtera,” jelasnya.

Sebelumnya diberitakan sejumlah figur yang berpeluang akan menjadi penantang petahana di kabupaten Sinjai, diantaranya Hj.Andi.Kartini Ottong mantan wakil Bupati Sinjai periode 2018-2023 yang juga Ketua Golkar Sinjai.

Kedua, Andi Mahyanto Masda. Pria yang berprofesi sebagai Lawyer, ini sebelumnya maju di Pilkada 2018. Ketiga And Taufik Saleh mantan kepala Dinas PUPR Sinjai.

Kemudian keempat Mizar Roem Ketua partai Nasdem Sinjai yang sebelumnya maju sebagai Calon Wakil Bupati di Pilkada 2018. Kelima Andi Olivia Batari Sugi Ketua Partai PKB Sinjai.

Selanjutnya, Nasyid Umar mantan Anggota DPR RI periode 2014-2019, serta Fauzan Guntur, politisi milenial yang kini bertarung di dapil V Sulsel.

Dari ketujuh figur serta politisi serta tokoh Birokrat tersebut memiliki peluang besar dan modal politik untuk menantang petahana Pilkada Sinjai diperiode 2024 ini, dan diprediksi bahwa untuk Kabupaten Sinjai dipastikan sementara untuk dua pasang.

Sekadar diketahui tahapan Pilkada serentak 2024 sudah mulai berjalan. Khusus pemenuhan persyaratan dukungan pasangan calon perseorangan mulai dibuka pada 5 Mei – 19 Agustus 2024.

Kemudian 31 Mei – 23 September 2024: pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih, 24 – 26 Agustus 2024: pengumuman pendaftaran pasangan calon, 27 – 29 Agustus 2024: pendaftaran pasangan calon.

Selanjutnya 27 Agustus – 21 September 2024: penelitian persyaratan calon, 22 September 2024: penetapan pasangan calon, 25 September – 23 November 2024: pelaksanaan kampanye, serta 27 November 2024: pelaksanaan pemungutan suara. (**)