Mutu dan Kualitas Pelayanan Puskesmas Manipi Dinilai Tim Reakreditasi

KABARSINJAI – Lembaga Akreditasi Puskesmas, Klinik, dan Laboratorium Indonesia (LAPKLIN) menugaskan dua orang surveyor untuk melaksanakan proses reakreditasi di Puskesmas Manipi, Kecamatan Sinjai Barat, Kabupaten Sinjai.

Ia adalah Muhammad Yusri Yunus, SKM.,M.Kes dan Drg. Hasniwarti. Keduanya diterima langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Andi Jefrianto Asapa di puskesmas tersebut, Kamis (23/11) pagi.

Saat menerima Tim Surveyor, Sekda dihadiri Ketua Komisi I DPRD Sinjai, Fachriandi Matoa, Kepala Dinas Kesehatan dr. Emmy Kartahara Malik, Kepala Puskesmas Manipi dr. Vera bersama jajarannya serta Forkopincam Sinjai Barat.

Dalam sambutannya, Andi Jefrianto Asapa menegaskan komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. Komitmen itu hadir dengan adanya 16 Puskesmas yang tersebar di sembilan kecamatan yang siap memberikan pelayanan berkualitas menuju pelayanan kesehatan yang hebat.

Dia menegaskan bahwa, Puskesmas Manipi, sebagai fasilitas pelayanan kesehatan yang memiliki peran strategis, dituntut untuk memberikan layanan yang mengedepankan keamanan, keselamatan pasien, petugas, dan pengunjung.

“Untuk mencapai hal tersebut, Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai menetapkan beberapa program unggulan di bidang kesehatan untuk senantiasa mendukung pelayanan kepada masyarakat, khususnya yang dilaksanakan di semua Puskesmas yang ada. Hal ini juga sebagai jawaban terhadap tantangan kebutuhan pelayanan kesehatan yang terus meningkat kualitas dan kuantitasnya saat ini,” ujarnya.

Sehingga dengan penilaian akreditasi Puskesmas saat ini sangat penting untuk dilakukan agar mutu dan kualitas dapat diwujudkan dan dibudayakan dalam sistem pelayanan Puskesmas sesuai dengan standar pelayanan kesehatan, sehingga memberikan jaminan mutu, kepuasan, dan perlindungan kepada masyarakat.

“Dua hari ke depan akan menjadi hari bersejarah bagi UPTD Puskesmas Manipi. Penilaian akreditasi ini dapat memacu untuk memenuhi standar yang telah ditetapkan, sehingga terbinanya UPTD Puskesmas Manipi dengan sistem pelayanan, mutu, dan kinerja yang baik dengan dukungan dari semua pihak terkait,” ungkapnya.

Sekda berharap dalam penilaian akreditasi saat ini dapat terlaksana upaya yang berkelanjutan dan berkesinambungan dalam meningkatkan sistem pelayanan kinerja yang berfokus pada kebutuhan masyarakat, keselamatan, dan manajemen risiko. Sehingga UPTD Puskesmas Manipi akan unggul secara kompetitif di semua sektor pelayanan kesehatan yang ada.

Sebagai informasi bahwa tujuan dari reakreditasi puskesmas adalah untuk pembinaan peningkatan mutu kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap system manajemen, system manajemen mutu, system penyelenggaraan pelayanan serta program dan penerapan manajemen resiko. (*)