Naturalisasi Disorot Media Asing, Kedalaman Skuad Garuda Layak Dijuluki Dream Team

KABARSINJAI – Media Thanh Nien, Vietnam menyorot keberadaan pemain-pemain naturalisasi yang memperkuat Timnas Indonesia. Skuad Garuda macam tim impian di mata Vietnam.

Mantan pemain Vietnam Dang Phuong Nam dalam tulisan di media tersebut yang kini menjadi pengamat sepak bola menilai skuad arahan Philippe Troussier akan menghadapi lawan yang sulit ketika bertemu Timnas Indonesia pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2026, 21 dan 26 Maret.

Phuong Nam yang menjadi striker timnas Vietnam pada era 90-an hingga 2000-an itu mengakui kualitas pemain-pemain naturalisasi yang dimiliki Skuad Merah Putih.

Phuong Nam membandingkan anak asuh Shin Tae Yong saat ini dengan Kualifikasi Piala Dunia 2022 ketika Vietnam bisa mengemas kemenangan 4-0.

“Hanya dua pemain sayap, Asnawi [Mangkualam] dan Pratama [Arhan], yang dipertahankan Shin Tae Yong. Lawan kita hampir semuanya diganti dengan pemain-pemain naturalisasi berkualitas dari Eropa,” tulis Phuong Nam sembari menuliskan sederet pemain-pemain yang memperkuat Indonesia pada Piala Asia 2023.

“Belum lagi ada dua pemain yang pernah bermain di Eropa dalam hitungan tahun seperti Egy Maulana, Witan Sulaeman, membuat Indonesia memiliki kualitas generasi ‘dream team’ dalam sejarah perkembangan sepak bola di negara itu,” lanjutnya.

Phuong Nam juga menilai kehadiran pemain-pemain dengan darah keturunan tersebut memiliki dampak besar ketika Timnas Indonesia bermain di Piala Asia 2023.

“Tim itulah yang menghancurkan tim Vietnam pada fase grup Piala Asia 2023. Pemain naturalisasi dengan bentuk, kekuatan, pemikiran dan pressing tinggi yang hampir mencekik pemain muda kita,” tulis Phuong Nam.

“Tim lawan selalu berupaya mendekat, menendang keras dan kerap melanggar, jadi pemain tengah Vietnam tidak bisa menahan bola,” sambungnya.

Baca artikel CNN Indonesia “Eks Pemain Vietnam Ketar-ketir, Timnas Indonesia bak Dream Team”.