Nelayan Sinjai Hemat Biaya Setelah Hadirnya Gerai Perizinan Kelautan dan Perikanan

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Nelayan di Kabupaten Sinjai, mengaku telah merasakan manfaat dengan hadirnya gerai pelayanan administrasi perizinan sektor kelautan dan perikanan di Bumi Panrita Kitta’.

Gerai yang dihadirkan Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) sejak awal pemerintahannya, itu telah memasuki tahun keempat diakui memudahkan nelayan. Sebagai pengguna jasa, nelayan di Sinjai mengaku telah terlayani dengan baik.

Para nelayan menyebut, kehadiran gerai tersebut sangat membantu dan mengurangi biaya pengurusan izin seperti Surat Izin Usaha Perikanan (SIUP), Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI), Surat Izin Usaha Pengangkutan Ikan (SIKPI), Bukti Pencatatan Kapal Perikanan (BPKP) dan ANDON yang sebelumnya harus diurus di Kota Makassar.

“Kami bersyukur gerai ini sangat memberikan kami kemudahan karena sebelumnya kami harus ke Makassar. Tentu ini memakan biaya yang cukup menguras kantong mulai dari ongkos sampai biaya menginap,” kata Anwar HB, selasa (13/9).

Baca juga: Silahkan Dicek, BPJS Ketenagakerjaan Cairkan Subsidi Gaji 3.000 Tenaga Kerja di Sinjai

Belum lagi kata dia, kalau ada berkas yang biasanya ketinggalan atau belum lengkap, maka harus kembali lagi ke Sinjai. Antrean pengurusan juga panjang karena nelayan dari seluruh daerah di Sulsel turut ikut mengurus izin yang sama.

“Kadang kita urus sampai 1 bulan baru selesai, makanya dengan hadirnya gerai ini kita sangat terbantu sekali. Apalagi biaya penerbitannya sama baik di Makassar maupun diterbitkan di Sinjai,” sambungnya.

Senada diungkapkan Muhammad Nur. Dia mengaku tidak perlu lagi ke Makassar hanya untuk mengurus izin SIPI yang memang menjadi kewenangan Provinsi Sulsel.

Hanya dengan membawa berkas yang dibutuhkan ke gerai di kompleks Pusat Pendaratan Ikan (PPI) Lappa, dirinya sudah bisa mengantongi izin yang dibutuhkan. Proses penerbitan izinnya pun cukup cepat, hanya butuh waktu 15 menit.

Karenanya, Muhammad Nur menyampaikan terima kasih kepada pemerintah yang telah banyak membantu nelayan di Sinjai. Dia berharap program melalui gerai ini terus hadir di Sinjai sehingga segala pengurusan izin dengan mudah dipenuhi.

“Terima kasih pak Bupati (ASA READ). Saya bersyukur sudah tidak jauh-jauh lagi sejak adanya gerai ini. Sudah enakmi dan sudah kita rasakan bagaimana mudahnya mengurus izin sejak adanya Gerai. Soal biaya kami juga bisa berhemat,” jelasnya.

Baca juga: Masuk 8 Besar Nomine Terbaik di Indonesia, Tim Uji Petik Kementerian Berkunjung ke Sinjai

Sekadar diketahui, penerbitan izin kelautan dan perikanan merupakan kewenangan Pemprov Sulsel. Sebelum Bupati ASA memimpin Sinjai, para pemilik kapal harus ke Pemprov Sulsel melalui dinas terkait untuk menerbitkan izin.

Gerai perizinan kelautan dan perikanan ini juga memang sudah lama disuarakan oleh para nelayan sejak beberapa tahun lalu, namun baru bisa terealisasi di Pemerintahan Bupati ASA. (tim)