oleh

Obor Porprov 2022 Dikirab, Api Diambil Dari Tradisi ‘Angesong Api Ripasang’

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Kirab obor Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XVI (17) Sulawesi Selatan (Sulsel) tahun 2022 di Kabupaten Sinjai dimulai pada Kamis (29/9/2022) pekan lalu.

Penanggung jawab Kirab Obor Porprov, Syahrul Paesa mengatakan, hingga saat ini obor Porpov telah dikirab di delapan kecamatan seperti Kecamatan Sinjai Barat, Sinjai Tengah, Sinjai Borong, Sinjai Selatan, Tellulimpoe, Sinjai Timur, Bulupoddo dan Kecamatan Pulau Sembilan.

“Kirab Obor Porprov sudah dilaksanakan di delapan kecamatan sejak Kamis pekan lalu. Insya Allah terakhir nanti di Kecamatan Sinjai Utara sebagai kecamatan pusat pelaksanaan Porprov 2022,” katanya, Senin (3/10/2022).

Obor Porpov tersebut dikirab dari Kecamatan Sinjai Barat, tepatnya di Desa Terasa. Sebuah desa terpencil di Kecamatan Sinjai Barat tempat dimana api obor diambil melalui tradisi “Madekko dan Angesong Api Ripasang” atau memantik api adat.

BACA JUGA:
Simak Upaya DPKH Sinjai Cegah PMK Pada Ternak Warga

Ops Zebra Dimulai, Polres Sinjai Libatkan Petugas Gabungan

Dari hasil Angesong inilah muncul api dan diambil oleh pemangku adat setempat dan diserahkan kepada Ketua KONI Sinjai, Suhardiman untuk diserahkan kepada mereka yang telah ditunjuk untuk membawa obor ke kecamatan yang ada.

“Api Obor diambil dari tradisi kerajaan Turungan. Sebuah tradisi masyarakat terdahulu untuk membuka lahan, pemukiman, memulai menanam dan membuka lahan perkampungan,” sambungnya.

Camat Bulupoddo ini menambahkan, kirab Api obor Porpov dilakukan tidak lain untuk menyampaikan kepada masyarakat hingga ke pelosok desa terkait pelaksanaan even olahraga terbesar di Sulsel.

Selain itu, untuk memantik semangat masyarakat mensukseskan pelaksanaan Porprov di Kabupaten Sinjai serta menambah motivasi bagi atlet yang akan bertanding

BACA JUGA:
Penantian 30 Tahun Terjawab, Warga Dusun Pao Tahun ini Nikmati Jalan Beraspal

Talent Show, Duta Wisata Sinjai Tampil dengan Kostum Modifikasi Unik

“Semoga api Terasa bisa menjadi pemantik semangat seluruh atlet yang akan berlomba sekaligus sukses menggelorakan jiwa para atlet meraih prestasi,” jelasnya.

Porpov XVII 2022 sendiri dijadwalkan berlangsung pada 22 – 30 Oktober mendatang. Sebanyak 34 Cabang olahraga (Cabor) dipertandingkan di dua Kabupaten sebagai tuan rumah Porprov yakni 21 Cabor di Sinjai dan 13 Cabor Bulukumba. (UC)

Komentar Facebook