oleh

Omset Menurun Drastis, Pelaku Usaha di Sinjai Menjerit Ditengah Pandemi Covid-19

KABARSINJAI.COM, Sinjai, –Pemerintah Kabupaten Sinjai melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), melakukan survei dan tatap muka bersama pelaku usaha di Kabupaten Sinjai.

Sedikitnya, 100 pelaku usaha dan UMKM telah didatangi untuk mengetahui keluhan dari dampak pandemi Virus Corona (Covid-19).

Menurut Kepala Seksi Penamaman Modal usaha daerah DPMPTSP Sinjai Makmur, bahwa tatap muka ini sudah dilakukan selama sepekan.

Baca Juga: Ini Gejala Baru Virus Corona, Baca Selengkapnya

Ia menjelaskan, imbas dari Covid-19 khususnya di Bumi Panrita Kitta sebutan daerah Kabupaten Sinjai, hampir semua pelaku usaha mengalami penurunan omset atau pembeli.

“Hampir semua pelaku usaha yang saya datangi atau wawancarai terkait hasil pendapatannya selama merebaknya Covid-19 ini, pendapatan Pelaku usaha di Sinjai menurun hingga 80 persen”, ungkapnya, Jumat (17/4/2020)

Kondisi perekonomian saat ini, semakin menurun imbas dari dampak corona. “Ini berdampak sedunia tidak hanya di Sinjai saja dan gejala resesi ekonomi nampaknya mulai terasa”, sambungnya.

Terpisah, salah satu pelaku usaha bahan bangunan pemilik toko mandiri bangunan H. Bambang Hermanto mengakui jika omset sekarang menurun. Dimana sebelumnya pendapatan mencapai Rp40 juta perhari, kini hanya bisa mendapatkan pembeli Rp5 juta perhari.

Baca Juga: Soal Salat Berjamaah di Masjid Dialihkan Kerumah, Ini Tanggapan Kemenag Sinjai

“Kami menggunakan kredit untuk kembangkan usaha, untung ada kebijakan untuk pembayaran pokok, tidak dibayar dulu dan hanya bayar bunga, sebab pendapatan sangat menurun sejak imbas virus corona ini”, jelasnya.

Sekadar diketahui, di Kabupaten Sinjai begitu banyak pedagang kecil yang masuk kategori usaha kecil yang terancam kehilangan sumber kehidupan, guna untuk memenuhi kebutuhan sehari harinya. (Rl/Ay)

Editor/Andis

Komentar Facebook

BERITA TERBARU