oleh

Operasi Katarak Mata Gratis di Sinjai Disambut Baik Warga

KABARSINJAI.COM, Sinjai – Bakti Sosial (Baksos) Balai Kesehatan Mata Masyarakat (BKMM) Makassar bekerjasama Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sinjai di UPTD Puskesmas Samaenre, Kecamatan Sinjai Selatan, Rabu (21/08/19) dipadati masyarakat.

Puluhan masyarakat berbndong-bondong untuk berpartisipasi dalam baksos tersebut yang berupa Pemeriksaan dan operasi katarak gratis.

Bahkan kegiatan itu mendapat apresiasi dari masyarakat yang datang langsung ke Puskesmas Samaenre. Salah satunya Tajuddin (50) warga Desa Polewali yang mengaku senang dengan adanya pemeriksaan dan operasi katarak gratis ini.

Tajuddin mengaku sudah dua tahun mengalami kelainan pada fungsi mata seperti tidak bisa lagi membaca hingga kadang merasakan sakit pada mata.

“Ini saya datang karena kalau membaca jarak dekat sama membaca sms sudah tidak bisa, sudah 2 tahunan, ini mi yang lama saya tunggu-tunggu,” ucapnya.

Operasi katarak ini dikemas dalam Safari Katarak itu, menurut Dokter Ahli Mata BKMM Makassar, dr Soraya Arifin merupakan program BKMM Makassar menjangkau masyarakat di daerah-daerah, dalam memberntas kebutaan.

“Jadi kita khusus datang ke daerah, menjangkau masyarakat yang mungkin tidak bisa ke BKKM Makassar. Kita berikan pelayanan operasi katarak gratis dan pemeriksaan mata meliputi pemeriksaan sekmen anteril bola mata dan tekanan bawah mata,” jelasnya.

Lihat juga: Kominfo Sinjai Ikuti Bimtek PPID di Makassar, Ini Tujuannya

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan, dr Andi Suryanto Asapa, mengatakan, operasi katarak gratis yang diperuntukkan bagi masyarakat Sinjai, pihaknya menyiapkan fasilitas pendukung, seperti ruang operasi, rawat inap, dokter ahli, dan peralatan medis.

Bagi calon pasien yang akan mengikuti kegiatan tersebut dikhususkan memperlihatkan Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan kartu BPJS.

Selain itu, tambahnya, akan dilakukan pemeriksaan terhadap calon pasien guna memastikan apakah peserta merupakan pasien katarak matur atau tidak.

Pemeriksaan dan Operasi karatak gratis kerjasama antara BKMM Makassar dan Dinkes Sinjai ini akab berlangsung selama 3 hari hingga Jumat 23 Agustus mendatang. (Adi)

Editor/Andis

Komentar Facebook
loading...

BERITA TERBARU