oleh

OPINI: Pentingnya Pengembangan IKM di Kabupaten Sinjai

KABARSINJAI.COM, Opini, – Perlu kita ketahui bahwa saat ini masyarakat Kita sebagian menggantungkan hidupnya melalui berdagang, baik yang masih menggunakan cara-cara yang lama maupun yang menggunakan cara-cara yang baru dalam berdagang. Dalam perbandingannya justru berdagang dengan cara yang lama dengan yang baru memiliki tingkat keuntungan yang berbeda hal ini dikarenakan msyarakat di era serba modern seperti ini malah suka dengan produk-produk baru ketimbang produk-produk lama yang kian hari peminatnya makin berkurang.

Nah inilah yang kiranya penting yang dilakukan oleh usaha IKM untuk mengembangkan produk jualannya, mulai dari produk, memiliki izin edar BPOM, halal, logo produk, pemasaran dan kualitas. Tentunya dengan pengembangan produknya tidak hanya memiliki satu produk, tetapi perlu memiliki berbagai macam varian produk yang bisa ditawarkan kepada konsumen sehingga orang tertarik untuk membeli karena adanya produk baru yang dimunculkan.

Untuk saat ini karena Covid-19, masyarakat dilarang sementara berkumpul dan menjaga jarak maka dari pemilik usaha mengubah sistem pemasarannya yang biasanya penjualannya secara offline sekarang berubah menjadi online sehingga usaha mereka tetap berjalan meskipun di saat pandemi saat sekarang.

Dari beberapa pelaku UMKM di Kabupaten Sinjai baik yang beroperasi rumahan, dengan di pasar sangat jauh berbeda dari unsur-unsur yang harus dimiliki suatu usaha, misalnya pedagang di pasar cenderung tidak memiliki standar dan kualitas, baik itu dari jenis produk, rasa,kualitas, kebersihan itu perlu di perhatikan lagi, agar kedepannya konsumen lebih tertarik untuk membeli.

BACA JUGA: Penyaluran Dana Desa Tahap I 2021 Dituntaskan KPPN Sinjai di 67 Desa

Berbeda dengan halnya dengan usaha yang pengelolaannya secara rumahan yang dibimbing oleh dinas terkait perkembangannya jauh berbeda, hal ini dikarenakan ada standar yang harus dimiliki suatu produk mulai dari logo produk, tempat, alat-alat, pengemasan, izin edar dari badan BPOM, halal dari MUI dan samapai kepada pemasaran. Dari hasil penjualan pun cukup meningkat sampai ratusan juta per bulannya.

Kiranya penting bagi pelaku usaha UMKM dalam pengembangan usahanya. Hal ini akan berpengaruh seberapa jauh tingkat pendapatan yang dihasilkan dengan memenuhi unsur yang harus dimiliki suatu produk.

Penulis: Ramadhan (Tulisan merupan tanggung jawab penuh penulis!)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU