oleh

OPINI: Potret Pendidikan di Sinjai, Belajarlah di Kampung Boja

KABARSINJAI.COM, Opini, – Pendidikan adalah hal utama dalam membentuk karakter dan pengetahuan dalam diri setiap insan.

Karena begitu pentingnya pendidikan, di salah satu area di Kabupaten Sinjai, sebut saja Kampung Boja. Di sana ada sekolah yang menjadi satu-satunya tumpuan harapan anak-anak untuk bisa mengenyam pendidikan.

Perjalanan menuju lokasi SD 45 kelas jauh Kampung Boja yang berada di Desa Puncak Kecamatan Sinjai Selatan, Kabupaten Sinjai, cukup terjal dan berliku, juga jalanan yang berlumpur serta harus melewati aliran sungai untuk bisa sampai di sana.

Para murid-murid di kampung pedalaman Sinjai ini berjalan kaki sekitar dua kilometer untuk bisa sampai ke sekolah mereka di puncak Kampung Boja.

Baca juga: Sabu 99,38 Gram Asal Malaysia Masuk ke Sinjai, Pelaku Terancam Hukuman Mati

Pemerintah di Kabupaten Sinjai maupun Pemerintah Desa Puncak tak mampu berbuat banyak dalam membangunkan gedung sekolah yang memadai karena masuk lahan kawasan hutan lindung.

Seperti yang dikisahkan film Laskar Pelangi mengangkat tentang kisah pentingnya pendidikan yang keseharian mereka dalam menempuh pendidikan di sekolah yang memiliki bangunan yang sederhana.

Hikmahnya dari mereka adalah bagaimana perjuangan para murid, yang ingin menjadi lebih pintar dan lebih berilmu. Sehingga pendidikan dapat mengubah kehidupan seseorang.

Baca juga: Bupati ASA Beber Program Pembangunan di Tellulimpoe, Nilainya Rp40 Miliar

Selain itu, pendidikan akan menyadarkan kita bahwa yang baik bukan tentang seragam dan fasilitas sekolah yang bagus, namun tekad untuk benar-benar serius dari pengajar ataupun pelajar untuk sama-sama berjuang menggapai impian.

Ucapan terima kasih juga kepada Koptu Joni Bura, Babinsa Desa Puncak, melihatnya saat memakai loreng dengan menggunakan motor trail kondisi yang basah kuyup untuk menyusul kami di lokasi.

Begitu pentingnya pendidikan. Bagaikan cinta yang datang membawa manfaat demi terwujudnya kehidupan yang lebih bermartabat.

Penulis: Alamsyah Bachtiar
(Mahasiswa K3P Universitas Muhammadiyah Sinjai)

Tulisan tanggung jawab penuh penulis!

Komentar Facebook