oleh

Panen Komoditas Bawang Merah Bantuan Pemerintah Memuaskan, Petani di Sinjai Barat Ucap Syukur

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Hasil bantuan benih komoditas Bawang Merah yang telah diserahkan pemerintah pusat melalui Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai kepada petani di Sinjai Barat sangat memuaskan.

Panen perdana yang dilaksanakan petani di Sinjai Barat cukup melimpah, setiap hektare lahan mampu menghasilkan komoditas bawang merah sebanyak 7.000 kilogram (kg) atau 7 ton.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Sinjai, H Kamaruddin usai melakukan panen perdana bawang merah di kelompok tani Bunga-Bungayya, Kelurahan Balakia, Kecamatan Sinjai Barat, Jumat (29/10/2021)

“Tadi kami melakukan panen simbolis di Kelurahan Balakia Sinjai Barat. Alhamdulillah hasilnya cukup memuaskan karena rata-rata sekitar 7 ton per hektare hasil,” ungkap Kamaruddin.

BACA JUGA: Paripurna DPRD, 7 Ranperda Diserahkan Pemkab Sinjai, Ini Rincian RAPBD 2022

“Jadi hasil panen perdana ini adalah bantuan benih bawang putih dari hasil perjuangan pak Bupati Sinjai melalui anggaran APBN 2021 yang pernah kita serahkan kemarin,” tambahnya.

Oleh karena itu, dia berharap pengembangan bawang merah yang siap panen sekitar 10 hektar diwilayah tersebut dapat menjadi salah satu cikal bakal budidaya yang kedepannya mampu memberikan peranan dalam peningkatan perekonomian masyarakat.

“Dari sisi ekonomi tentu menambah nilai tambah pendapatan, karena bawang merah ini sudah bisa panen diumur 75 hari dan dengan produksi yang cukup tinggi diatas 7 ton per hektare,” bebernya.

Ketua kelompok tani Bunga-Bungayya Kelurahan Balakia, Kecamatan Sinjai Barat, Ismail mengaku bersyukur dan menyampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah atas segala bantuan yang telah diterima dan sudah dirasakan hasilnya.

BACA JUGA: Tekan Stunting, Petugas Gizi Puskesmas Dituntut Mampu Menyusun Rencana Intervensi Skala Mikro

“Terima kasih kepada pemerintah, pak Bupati dan pak Kadis yang selalu memberi perhatian. Alhamdulillah sudah dirasakan dan hasilnya memuaskan,” jelasnya.

Sementara itu Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) pada setiap kesempatan mendorong warga untuk bertani dengan memanfaatkan lahan yang ada.

“Kami tentu akan memberikan perhatian, seperti pendampingan dengan memanfaatkan penyuluh lapangan, hingga berupaya menyiapkan bantuan bibit tanaman yang nilai jualnya tentu menjanjikan”, Ungkapnya

Panen perdana bawang merah ini turut di hadiri Camat Sinjai Barat, A. Nasrun, unsur Tripika kecamatan Sinjai Barat, Lurah Balakia, Kordinator serta penyuluh pertanian. (Ay)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU