oleh

Panen Perdana Cabai, Program ‘Gertac Sehati’ Kini Membuahkan Hasil

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Ketua Tim Penggerak PKK Sinjai, Hj. A. Nurhilda Daramata Seto melakukan panen perdana cabai melalui program Gerakan Tanam Cabai Sehat Tekan Inflasi (Gertac Sehati).

Program yang diinisiasi Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Sinjai ini telah menuai hasil. Panen tersebut berlangsung di halaman Kantor Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Sinjai Utara. Rabu, (25/08/2021)

Kepala Dinas TPHP Sinjai H. Kamaruddin mengatakan bahwa panen cabai ini merupakan bagian dari program Gertac Sehati sebagai langkah mengantisipasi laju inflasi serta untuk memenuhi kebutuhan konsumsi sehari-hari.

“Alhamdulillah hari ini kita panen perdana cabai dari program ‘Gertac Sehati’ di lahan BPP Sinjai Utara yang memang sebelumnya kita jadikan sebagai ujicoba program ini. Program ini juga berjalan dibeberapa OPD mudah-mudahan dalam waktu tidak lama lagi mereka juga bisa panen, “jelasnya.

BACA JUGA: Kedua Kalinya, Ratusan Warga Binaan Rutan Sinjai Ikuti Vaksinasi

Kamaruddin berharap, program ini bisa berlanjut dan dikembangkan secara swadaya oleh masyarakat melalui berbagai media tanam sebab bisa membantu memenuhi ketersedian konsumsi cabai dalam keluarga dan tidak terpengaruh jika terjadi kenaikan harga di pasaran.

Koordinator BPP Sinjai Utara Hj. Mardiana menyampaikan bahwa ada sekitar 100 pohon cabai yang berada di lahan BPP Sinjai Utara. Dalam masa pertumbuhannya meski curah hujan yang cukup tinggi namun hasilnya cukup memuaskan sebab sustem tanam yang dipakai menggunakan mulsa plastik.

“Selain untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga para pegawai dan staf BPP, cabe ini juga kita jual melalui pedagang dan hasilnya untuk menambah pendapatan para staf khususnya yang masih beratatus non PNS,” tambahnya.

Dilahan BPP seluas satu hektar ini bukan hanya cabai, tetapi juga berbagai jenis tanaman produktif yang dikembangkan seperti padi, buah naga, tomat dan terong.

BACA JUGA: Mahasiswa dan Santri di Sinjai Dapat Beasiswa Baznas, Bupati ASA Berikan Jempol

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Sinjai Hj. A. Nurhilda Daramata Seto menyambut baik dan mendukung sepenuhnya program ini, ia juga mengharapkan agar pemanfataan lahan pekarangan sebagai kebun mini dapat diaplikasikan oleh masyarakat.

“Hari ini kita panen cabai rawit dari program Gertac Sehati. Alhamdulillah hasilnya sangat baik, mudah-mudahan masyarakat kita juga bisa memanfaatkan pekarangan rumah kita dengan menanam tanaman produktif untuk memenuhi kebutuhan konsumsi keluarga kita,” ucapnya.

Selain melakukan panen cabai rawit, isteri Bupati Sinjai ini juga melakukan panen perdana tanaman padi yang juga berada di lahan BPP Sinjai Utara. (Tim)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU