Panen Raya Gelar Karya SDN 103 Bontompare Angkat Tema Kearifan Lokal

KABARSINJAI –┬áSekolah Dasar Negeri (SDN) 103 Bontompare mengadakan panen raya Gelar karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Tema yang diusung adalah Kearifan Lokal.

Kegiatan yang berlangsung meriah ini bertempat di Gedung Pertemuan Sinjai, Rabu (6/12) pagi, dan dibuka langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Sinjai T.R Fahsul Falah yang hadir melalui sambungan virtual.

Kepala SDN 103 Bontompare, Edy Syukri mengatakan gelar karya P5 ini merupakan salah satu upaya bersama didalam dunia pendidikan untuk wujudkan profil Pelajar Pancasila yang memiliki karakter Pancasila, berpengetahuan, berketerampilan berdaya saing dan berbudaya

Tujuannya untuk meningkatkan kreativitas dan Inovasi, meningkatkan kerja sama dan kolaborasi dan meningkatkan apresiasi atas kreativitas siswa dan siswi.

“Jadi P5 ini momen penting untuk mengapresiasi hasil kerja keras dan kreativitas siswa, guru dan orang tua dalam mewujudkan profil Pancasila melalui kurikuler pada kurikulum merdeka selama 21 hari,” pungkasnya.

Dikatakan sebanyak 4 kelas mengikuti gelar karya di sekolah penggerak yang dipimpinnya itu dengan topik setiap kelas yang berbeda – beda, seperti kelas I topik ‘Kutanam Cabaiku’, kelas II permainan tradisional khas Sinjai, kelas IV Tarian Khas Sinjai serta kelas V cerita rakyat.

Pj Bupati Sinjai T.R Fahsul Falah menyambut baik panen raya Gelar karya P5 yang dilaksanakan SDN 103 Bontompare. Dia berharap melalui kegiatan ini peserta didik dapat mengembangkan karakter Pancasila, yang merupakan bagian dari profil Pancasila seperti beriman bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, dan mandiri.

“Yang sangatlah penting adalah diperlukan kerja sama dan kolaborasi semua pihak untuk mewujudkan hal itu baik peran dari guru, orang tua, hingga masyarakat yang perlu memiliki pemahaman baik tentang pendidikan karakter termasuk profil Pancasila,” pungkasnya.

Panen raya Gelar Karya P5 SDN 103 Bontompare, juga dirangkaikan dengan sosialisasi Parenting dan Anti Perundungan dengan melibatkan komite sekolah serta orang tua siswa dan siswi.

Turut hadir Kadis Pendidikan Sinjai Irwan Suaib, Kadis Kominfosandi Dr. Mansyur, Kepala DP3AP2KB Sinjai Drs. Janwar, para kepala Bidang Dinas Pendidikan, koordinasi wilayah pendidikan kecamatan Sinjai Utara serta Ketua Komite dan jajaran SDN 103 Bontompare. (*)