oleh

Pansus Bentukan DPRD Sinjai Lakukan Pertemuan, Untuk?

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Panitia khusus (Pansus) hasil bentukan DPRD Sinjai tentang Kode Etik Rancangan Peraturan DPRD tentang revisi Peraturan DPRD No 2 Tahun 2015, terdiri atas perwakilan legislator dari 9 Fraksi.

Legislator yang tergabung dalam Pansus tersebut menggelar rapat pemantapan konsepsi Rancangan Perubahan Peraturan DPRD No 2 Tahun 2015 tentang Kode Etik hasil dari pembahasan dan study komparatif. Senin, (19/07/2021)

Berlangsung di Ruang Rapat DPRD Sinjai, rapat tersebut menurut Wakil Ketua Pansus Kode Etik, Fachriandi Matoa sebagai tindak lanjut dari hasil study komparatif dan konsultasi Pansus DPRD ke Biro Hukum Pemprov Sulsel.

Ia menjelaskan, perubahan kode etik peraturan DPRD No 2 tahun 2015 didasari oleh dua faktor yakni perubahan dasar hukum PP No 16 tahun 2010 menjadi PP No 12 tahun 2018.

BACA JUGA: Karena ini, Hippmas Bulupoddo Bawa Aspirasi ke DPRD Sinjai

Kemudian faktor kedua lanjut Fachriandi, terkait perkembangan zaman dimana ada beberapa ketentuan yang tidak sesuai dengan kondisi zaman saat sekarang ini.

“Seperti misalnya tentang surat undangan yakni Anggota DPRD dengan kondisi tertentu dapat diundang melalui sms. Sekarang ini seiring berkembangnya zaman, sms sudah tidak lazim lagi digunakan. Sekarang kita ubah dengan surat eloktronik,” ungkap Fachriandi Matoa dari Fraksi Gerindra.

Dirinya mengaku progres dari rancangan kode etik tersebut sudah pada tahap penyelesaian, karena rapat yang dilakukan ini adalah rapat pemantapan dari pembahasan-pembahasan hasil study komparatif kemudian akan difinalkan selanjutnya disodorkan ke Pimpinan DPRD untuk diundangkan.

BACA JUGA: Puluhan Dosen IAIM Sinjai Ikuti Pelatihan Akreditasi Jurnal

Rapat tersebut di pimpin oleh Fachriandi Matoa dari Fraksi Gerindra dihadiri Muzawwir dari Fraksi Nurani Berjuang, Drs. Akmal MS dari Fraksi PKS, Andi Jusman dari Fraksi Nasdem serta Zulkifli dari Fraksi PPP.

Adapun Anggota Pansus lainnya diantaranya, Andi Abrachman dari Fraksi Golkar, Kamrianto dari Fraksi PAN, Zahra Usman dari Fraksi Demokrat, serta Zainal Abidin Hasnur dari Fraksi Bintang Kebangsaan. (Tim)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU