oleh

Pedasnya Menggoda, Ini Rahasia Manfaaat Cabai Rawit Bagi Kesehatan Tubuh

KABARSINJAI.COM, – Cabe rawit merupakan salah satu sayuran yang cukup populer di Indonesia. Cabe rawit sendiri seringkali dijadikan sebagai bahan utama pembuatan sambal.

Jenis cabe rawit cukup beragam seperti halnya cabe rawit ceplik, cabe rawit putih, rawit putih serta rawit putih ceplik hijau. Tingkat kepedasan dari jenis cabe ini juga berbeda dari satu dengan yang lainnya.

Selain enak dijadikan sambal ataupun campuran ke dalam tumisan hingga sayuran, cabe rawit memiliki ragam nutrisi yang menyehatkan. Hal ini dikarenakan cabe rawit memiliki banyak nutrisi sehat seperti halnya fosfor, vitamin C, kalsium dan lain sebagainya.

Manfaat Cabe Rawit Bagi Kesehatan
Ada begitu banyak manfaat cabe rawit bagi kesehatan tubuh manusia. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Baca Juga: Mencuri Demi Main Judi Online, Dua Pemuda Ini Berurusan Dengan Polisi

1. Sebagai Anti Inflamasi

Manfaat cabe rawit yang pertama adalah sebagai anti inflamasi. Anti inflamasi sendiri bisa dijadikan sebagai obat herbal untuk mengatasi penyakit gula darah atau diabates. Anti inflamasi juga baik untuk penderita kerusakan syaraf yang berhubungan dengan penyakit herpes akibat terkena virus.

2. Membantu Proses Doteksifikasi

Manfaat yang selanjutnya adalah untuk membantu terjadinya proses detoksifikasi di dalam tubuh. Dengan adanya pemanasan maka proses detoksifikasi dapat terjadi. Cabe rawit sendiri dapat membuat tubuh menjadi lebih berkeringat sehingga proses ini dapat berlangsung.

3. Meningkatkan Produksi Liur

Cabe rawit juga bisa membantu dalam melancarkan proses pencernaan saluran cerna manusia. Cabe yang satu ini dapat menstimulasi produksi air liur yang lebih banyak  sehingga baik bagi proses pencernaan serta mampu menjaga kesehatan di dalam mulut.

4. Mencegah Terjadinya Pembekuan Darah

Terjadinya serangan jantung hingga berakibat pada stroke tidak hanya terjadi karena arteri yang tersumbat namun juga karena adanya pembekuan darah. Pembekuan darah menyebabkan darah tidak dapat menyebar ke seluruh tubuh. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan serbuk cabai yang mana dapat mengurangi atherosclerosis di dalam tubuh.

5. Melancarkan Proses Metabolisme

Manfaat cabe rawit yang selanjutnya adalah mampu mempercepat proses metabolisme dalam tubuh manusia. Percepatan metabolisme yang terjadi juga akan berdampak baik pada penurunan badan.

6. Menumbuhkan Rambut

Cabe rawit dapat digunakan untuk membantu meningkatkan terjadinya sirkulasi udara di kulit kepala. Saat sirkulasi udara menurun maka  kerusakan rambut seperti halnya rambut rontok akan terjadi. Dengan demikian, Anda bisa menjadikan rawit putih sebagai solusinya.

7. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Cabe rawit dapat digunakan untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Cabe rawit memiliki kandungan yang dapat melancarkan peredaran darah sekaligus mengurangi pembentukan gumpalan yang menyebabkan arteri di jantung mengalami penyumbatan.

Baca juga : Dalam Waktu Dekat, Kejari Sinjai Akan Tetapkan Tersangka Kasus Trotoar

8. Menurunkan Demam Tinggi

Cabe rawit dapat pula digunakan menurunkan demam tinggi. Untuk masalah kesehatan yang satu ini, Anda bisa menggunakan tanaman cabe rawit di bagian daunnya. Untuk proses pengobatan, Anda bisa menambahkan campuran berupa minyak selada yang kemudian dibalurkan di seluruh tubuh. Selain itu, Anda juga bisa menempelkannya di ubun-ubun.

9. Meredakan Pilek

Pilek hingga hidung tersumbat dapat di atasi dengan menggunakan cabe rawit. Cabe rawit mengandung capcaisin yang dapat membuat lendir di dalam hidung menjadi lebih encer hingga akhirnya keluar.

10. Menjaga Kesehatan Mata

Cabe rawit memiliki kandungan berupa vitamin B2 yang bagus untuk menjaga kesehatan mata. Dengan demikian, Anda akan memiliki mata yang selalu sehat serta jarang mengalami gangguan. Selain cabe rawit, Anda juga bisa mengonsumsi wortel untuk menyehatkan organ visual Anda.

11. Mencegah Terjadinya Penyakit Beri-Beri

Cabe rawit memiliki kandungan berupa vitamin B1 yang dapat mencegah gangguan penyakit beri-beri.

12. Mengobati Infeksi

Cabe rawit memiliki sifat anti jamur yang dapat digunakan untuk mengatasi petumbuhan infeksi. Dengan sifatnya tersebut, maka penyakit akibat infeksi bisa Anda atasi dengan mengonsumsi jenis cabe yang satu ini.

13. Mampu Mengatasi Nyeri Sendi

Baca Juga: Hebat, “Pelangi Warga” Disdukcapil Sinjai Menuju Top 30 Inovasi Pelayanan Publik

Cabe rawit dapat juga digunakan untuk mengatasi rasa nyeri pada sendi. Jenis cabe yang satu ini memiliki kandungan berupa capcaisin yang bukan hanya mampu memberi rasa pedas saja namun juga dapat digunakan untuk meredakan nyeri pada sendi. Cara kerja capsaicin adalah dengan meredakan otot yang tengah mengalami kejang.

14. Anti Kanker

Cabe rawit mengandung capcaisin yang dapat menangani sel kanker. Cara kerja dari cabe rawit  adalah dengan menghilangkan sel kanker yang terdapat di dalam tubuh serta tidak merusak sel yang normal. Meski demikian, tidak disarankan bagi Anda untuk mengonsumsinya secara berlebihan.

15. Meningkatkan Nafsu Makan

Manfaat cabe rawit yang selanjutnya adalah untuk meningkatkan nafsu makan. Seseorang bisa meningkat nasfu makannya dengan mengonsumsi jenis cabe yang satu ini. Cabe rawit mengandung kandungan yang bisa meningkatkan produksi hormon endophrin di dalam tubuh menjadi lebih meningkat sehingga nafsu makanpun akan bertambah.

Selain manfaat di atas, cabe rawit memiliki beragam manfaat sehat lainnya bagi kesehatan secara keseluruhan. (blog.regopantes)

Editor/Andis

Komentar Facebook
loading...

BERITA TERBARU