oleh

Pedet Siap Panen Sudah Berada di Lapangan Sinjai Bersatu

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Sehari sebelum kedatangan Menteri Pertanian (Mentan) Republik Indonesia, Syahrul Yasin Limpo (SYL) di Sinjai, ratusan pedet atau anak sapi sudah berada di Lapangan Sinjai Bersatu, Rabu (29/7/2020)

Pedet siap panen sesuai agenda kedatangan Mentan ini, berasal dari beberapa Kecamatan. Termasuk sapi Jantan hasil Inseminasi buatan (IB) yang akan dilelang.

Menurut Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Sinjai, drh Aminuddin Zainuddin, semua pedet yang bakal di panen Mentan paling lambat malam ini sudah berada di lokasi acara.

“Sudah ada sapi pedet yang ada dilokasi ini khususnya yang dari kecamatan terdekat dan paling lambat sebentar malam semua sapi pedet maupun sapi yang akan dilelang sudah ada di tempat ini, ” katanya.

BACA JUGA: Penemuan Mayat Pria Dirumah Kosong di Sinjai Bikin Geger Warga

Sedangkan jumlah sapi pedet yang dihadirkan, kata Aminuddin berkisar 500 ekor yang usianya sekitar 6 bulan dari total sapi pedet di Sinjai berada dikisaran sekitar 3 ribu ekor.

Kemudian lelang sapi jantan hasil IB yang akan dihadirkan dalam acara ini merupakan sapi jantan ukuran besar hasil IB dengan kisaran berat diatas 500 kg.

“Hingga siang ini peternak yang sudah mendaftarkan sapinya mencapai 30 ekor mulai dari jenis sapi limosin, simental dan anggus, ” ucapnya.

Aminuddin menambahkan bahwa panen pedet ini sejak awal telah direncanakan pada bulan januari lalu namun karena kesibukan Mentan RI dan juga adanya pandemi Covid-19 sehingga baru terlaksana saat ini.

BACA JUGA: Bupati Buka Kursus Orientasi Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Sinjai, ini Pesannya

Berdasarkan informasi, Mentan Syahrul Yasin Limpo juga rencananya akan memberikan sejumlah bantuan kepada kelompok tani yang ada di Sinjai serta melantik Pengurus Kwarcab Pramuka Sinjai.

Acara panen pedet dan lelang sapi hasil IB ini dijadwalkan dihadiri Mentan SYL pada, Kamis 30 Juli 2020 besok sekira pukul 09:00 Wita. (Ay)

Editor/Andis

Komentar Facebook

BERITA TERBARU