oleh

Peduli Kesehatan Perempuan, TP PKK Kabupaten Sinjai Gelar Sosialisasi Deteksi Dini Kanker Payudara dan Leher Rahim

Kabarsinjai.com – Untuk mendeteksi dini kanker serviks atau kanker mulut rahim, Tim penggerak (TP) PKK kabupaten Sinjai bekerjasama Dinas Kesehatan kabupaten Sinjai menggelar sosialisasi deteksi dini kanker payudara dan serviks/CA serviks melalui tes Inspeksi Visual Asam (IVA) yang berlangsung di Gedung PKK kabupaten Sinjai. Senin, (25/09).

Wakil Ketua III TP PKK, Ny. Suriani Haris saat membacakan sambutan Ketua TP PKK  sekaligus membuka sosialisasi ini mengatakan bahwa, tujuan kegiatan ini adalah menurunkan angka kematian pada penderita kanker dengan skala prioritas yang ditemukan distadium awal.

“Salah satu pengendalian kanker secara nasional adalah melalui usaha promotif dan preventif dengan meminimalitasi faktor penyebab kanker atau promosi gaya hidup sehat,” katanya.

Lebih lanjut Suriani menyampaikan bahwa alasan utama meningkatnya kanker tersebut di negara berkembang termasuk di Indonesia karena kurangya screaming yang efektif dengan tujuan mendeteksi keadaan sebelum kanker maupun  kanker pada stadium dini termasuk proses penghobatan berlangsung.

“Saya berharap, dengan adanya kegiatan sosialisasi deteksi dini payudara dan leher rahim ini dan akan ditindaklanjuti dengan pemeriksaan dengan metode Inspeksi Visual Asam (IVA) melalui proses screaming dapat meningkatkan penemuan dini pada penderita kanker,” harapnya.

Sosialisasi yang diikuti oleh puluhan kader PKK se-kabupaten Sinjai ini juga dihadiri oleh, Sekretaris Umum TP PKK Ny. Hj. Marwah Nur, serta Hj. Duhaniar Kepala Bidang Bina Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan kabupaten Sinjai, bersama Dr. Rini Magfira sebagai narasumber. (*)

Editor   : A. Mirza.

Komentar Facebook