oleh

Peduli, Tiap Tahun Bupati ASA Gelontorkan Anggaran Ratusan Juta untuk Ponpes di Sinjai

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Kepedulian Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) terhadap pondok pesantren (Ponpes) yang ada di Kabupaten Sinjai cukup besar.

Terbukti tahun 2021 ini, Bupati ASA menggelontorkan anggaran bantuan untuk Ponpes di Kabupaten Sinjai. Jumlahnya Rp350 juta untuk 7 Ponpes.

Anggaran tersebut diberikan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan dan peningkatan syiar Islam di Bumi Panrita Kitta’ sebutan daerah Kabupaten Sinjai.

“Setiap Ponpes yang tahun ini mendapatkan bantuan hibah masing-masing menerima Rp50 juta,” kata Bupati ASA, Selasa (21/9/2021)

BACA JUGA: Wah! Pemkab Sinjai Turut Andil Dibalik Terbentuknya UU KIP dan UU ITE

Dikatakan, anggaran itu juga titipkan kepada pengelola Ponpes dalam rangka membina generasi muda yang berakhlakul karimah, sekaligus untuk melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, terampil dan mampu menguasai ilmu bidang keagamaan dan ilmu teknologi lainnya.

“Pemerintah harus hadir di tengah-tengah pesantren agar bisa memajukan pesantren dan tidak tertinggal dari sekolah umum lainnya, sebab peran Ponpes dibutuhkan di garda terdepan untuk melahirkan insan manusia yang berkualitas,” jelasnya.

Sementara untuk anggaran yang digelontorkan Pemkab Sinjai melalui Bagian Kesra Setdakab Sinjai, kini telah rampung disalurkan.

“Langsung masuk ke Rekening Ponpes masing-masing, jumlahnya Rp50 juta per Ponpes,” ungkap Staf Bagian Kesra Setdakab Sinjai, Neny Djuaefa.

BACA JUGA: Jalan di Kolasa Mulus, Perlancar Akses Warga Angkut Hasil Pertanian

Sekadar diketahui bantuan untuk Ponpes ini sudah berjalan sejak tahun lalu, yakni 7 Ponpes di tahun 2019 dan 8 Ponpes di tahun 2020 serta 7 di tahun 2021. Total anggaran yang telah digelontorkan selama 3 tahun terakhir mencapai Rp1,05 miliar.

Tidak hanya itu, bantuan lainnya di bidang keagamaan, Pemkab Sinjai memberikan dana hibah kepada masjid dengan total anggaran Rp2,88 miliar selama 3 tahun berturut-turut.

Ditambah pemberian insetif kepada petugas keagamaan serta mencetak penghafal Al-Quran dan penyelesaian pembangunan masjid Islamic Center Sinjai. (Tim)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU