oleh

Pegawai Inspektorat Sinjai Ikuti Pelatihan dan Bimtek Peningkatan Kapabilitas APIP. Ini Tujuannya.

KS – Sejumlah pegawai Inspektorat kabupaten Sinjai mengikuti Pelatihan dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP). Rabu, (07/03/2018).

Menurut Auditor Madya Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) perwakilan Sulawesi Selatan (Sulsel), Sugeng Sugiono yang ditemui menyampaikan bahwa pelatihan ini sangat penting untuk menciptakan badan pengelolaan keuangan yang efektif dalam penindakan pemberantasan Tindak Pidana Korupsi di Daerah, sebagai tugas pokok dan fungsi Inspektorat Daerah.

Sugeng, menambahkan bahwa untuk mencapai Inspektorat yang efektif, ada tolak ukur dan tahapan yang harus dipenuhi Inspektorat dalam pengelolaan keuangan sesuai dengan Peraturan BPKP Nomor 16 Tahun 2016 tentang peningkatan Kapabilitas yang diatur dalam Internal Audit Capability Model (IACM).

APIP yang efektif itu harus baik dari Sumber Daya Manusia (SDM) nya maupun Unit APIPnya, tujuannya agar target seperti Tindak Pidana Korupsi, dan sasaran pengelolaan keuangan didaerah bisa lebih efektif termasuk model IACM yang dipakai mulai dari Initial, Infrastructure, Integrated, Managed dan Optimizing,” jelas Sugeng kepada kabarsinjai.com

Pelatihan dan Bimtek Peningkatan Kapabilitas APIP ini bertempat di Gedung PKK Jalan Dr. Hamka Sinjai, dan berlangsung hingga 08 Maret 2018.

Diketahui APIP adalah instansi pemerintah yang dibentuk dengan tugas melaksanakan pengawasan intern (audit intern) di lingkungan pemerintah pusat dan/pemerintah daerah.

A. MIRZA/HIRMAN.

Komentar Facebook
loading...

BERITA TERBARU