oleh

Pelajar SMA Sederajat di Sinjai Kerjakan Ujian Sekolah Pakai Smartphone

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Pelaksanaan Ujian Sekolah untuk jenjang sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat di Kabupaten Sinjai cukup kekinian. Tidak lagi menggunakan kertas, tapi kini telah menggunakan benda kecil yang disebut smartphone pengganti media kertas.

Ujian sekolah yang dilaksanakan sebagai salah satu persyaratan kelulusan bagi siswa kelas XII (12) ini akan berlangsung selama sepekan lamanya.

Dari pantauan awak media di SMAN 1 Sinjai, sebanyak 328 siswa/siswi mengikuti ujian ini yang terdiri dari program IPA 206 orang dan program IPS 122 orang.

Pelaksana Tugas Kepala UPT SMAN 1 Sinjai Syamsul Alam Hidayat yang ditemui, menuturkan ujian sekolah ini menjadi salah satu syarat penetuan kelulusan siswa selain nilai rata-rata rapor.

Baca juga: Ukir Prestasi, Atlet FORKI Sinjai Boyong Banyak Medali di Kerjuda Makassar

“Hari ini kita mulai laksanakan ujian sekolah bagi siswa kelas XII. Kita gelar dengan sistem android dan bentuk soalnya adalah multiple choise atau pilihan ganda,” jelasnya, Senin (21/3/2022)

Menurutnya, seluruh siswa diwajibkan membawa android untuk digunakan ujian, namun siswa yang tidak memiliki handphone jenis android, pihak panitia sekolah menyediakan untuk digunakan oleh siswa.

Sementara itu, Kepala UPT SMA 5 Sinjai, Aliyudin menjelaskan, metode ini sangat praktis dan efisien karena tidak lagi menggunakan kertas.

“Siswa tidak bisa melakukan kecurangan dan hasil pemeriksaan juga cepat dan akurat,” jelasnya.

Baca juga: Forum Perangkat Daerah Pemkab Sinjai Dibagi Tiga, ini yang Dibahas

Di sekolah yang ia pimpin, kata dia sedikitnya 203 orang siswa kelas XII mengikuti ujian sekolah berbasis android atau smartphone ini.

Bagi Siswa yang berhalangan hadir diberi kesempatan untuk mengikuti ujian susulan pada tanggal 28 Maret 2022 mendatang. (And/Tim)

Komentar Facebook