Pelatihan Peningkatan Kapasitas Petugas Lab, Pengelola Malaria Program Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel – Sinjai Canangkan Target Eliminasi Malaria Tahun 2019

Kabarainjai.com – Pemerintah Kabupaten Sinjai melalui Dinas Kesehatan Sinjai fokus melakukan sejumlah upaya untuk menanggulangi penyakit malaria. Sesuai dengan target, pemerintah provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menargetkan bebas malaria pada 2020 mendatang.

Kabupaten Sinjai Sinjai sendiri menargetkan bebas malaria atau Eliminasi Malaria pada 2019 mendatang, hal itu diungkapkan oleh Pengelola Malaria Program Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel, Risma Malasari, Kamis (09/11) siang. Menurutnya salah satu upaya yang dilakukan untuk mencapai target tersebut dengan melakukan pelatihan peningkatan kapasitas kepada  petugas laboratorium atau mikroskopis program malaria.

Kemudian hingga saat ini jelasnya, pemeriksaan mikroskopis Malaria masih merupakan Gold Standard dalam mendiagnosis Malaria, oleh karena itu dengan dengan adanya pelatihan ini keterampilan dan kemampuan petugas dapat meningkat dalam mendiagnosis penyakit Malaria secara cepat dan tepat.

“Melalui pelatihan peningkatan kapasitas petugas laboratorium ini diharapkan mampu menemukan penderita penyakit Malaria di masyarakat, sehingga target untuk eliminasi Malaria tahun 2019 tercapai,” Ungkapnya.

Sebelumnya kegiatan pelatihan ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan, dr. Andi Suryanto Asapa dan menyampaikan agar petugas laboratorium di Puskesmas yang memegang program ini untuk lebih aktif dan lebih inovatif serta harus turun langsung lapangan mendeteksi secara dini penyakit yang ada di masyarakat khususnya malaria.

Diketahui Pelatihan Peningkatan Kapasitas Petugas Laboratorium Program Malaria Tingkat Kabupaten Sinjai yang digelar Dinas Kesehatan Sinjai telah berlangsung sejak Rabu (08/11) kemarin hingga Sabtu (11/11) mendatang di Aula Hotel Rofina Sinjai. (*)

Editor   : A. Mirza.