oleh

Pelayanan Izin Usaha Alami Perubahan Alur, Kadis PMPTSP Sinjai: Sejak Hadirnya OSS-RBA

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Alur pelayanan perizinan berusaha di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sinjai mengalami sedikit perubahan dalam penerapannya.

Perubahan tersebut terjadi sejak hadirnya pelayanan perizinan berusaha berbasis resiko, yakni Online Single Submission Risk Based Approach (OSS RBA) yang mulai diluncurkan pada Agustus 2021 lalu.

“Sejak adanya perizinan berusaha berbasis resiko OSS RBA, ada sedikit perubahan dalam alur pelayanan yang kita terapkan di DPMPTSP Sinjai,” kata Kepala Dinas PMPTSP Sinjai, Lukman Dahlan saat ditemui di ruang kerjanya. Kamis, (16/09/2021)

Sebelumnya kata Lukman, pemohon atau masyarakat yang ingin mengurus izin usaha, terlebih dahulu harus mengisi formulir serta melengkapi berkas yang menjadi persyaratan.

Selanjutnya dilakukan peninjauan lokasi atau langsung didaftarkan untuk diproses. Jika telah selesai, pemohon akan dihubungi untuk mengambil izinnya.

Namun, semenjak hadirnya OSS-RBA ini, pihak DPMPTSP hanya memberikan pendampingan terhadap masyarakat yang membutuhkan izin yang diprint secara online.

“Sekarang, begitu masyarakat atau pemohon datang, tinggal langsung ditunjukkan tempat yang kosong, kalau izin beresiko rendah, itu selesai paling lama 15 menit, si pemohon bisa pulang dengan membawa Nomor Induk Berusaha (NIB),” jelasnya.

Namun tambahnya, itu berlaku untuk perizinan usaha beresiko rendah. Akan tetapi, pihaknya akan berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat khususnya para pelaku usaha.

Kemudahan izin usaha, merupakan harapan Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA). Menurutnya, salah satu program Pemkab Sinjai adalah mewujudkan kemudahan berusaha.

“Kemudahan berusaha yang dimaksud selain perizinan melalui OSS kami juga mendorong setiap OPD teknis untuk membantu pelaku usaha dalam hal menerbitkan perizinan lainnya,” pintanya. (Tim)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU