Pemanfaatan Biogas Terus dikembangkan, ini Harapan Bupati Sinjai!!!

Kabarsinjai.com – Pemanfaatan energi biogas di Kabupaten Sinjai mulai dikembangkan sejak tahun 2013, dan hingga tahun 2017  terdapat 460 unit biogas yang telah dibangun oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai.

Hal ini diungkapkan oleh Bupati Sinjai, H. Sabirin Yahya dalam sambutannya saat membuka kegiatan Sosialisasi dan Verifikasi Calon Penerima Biogas yang dilaksanakan oleh Dinas Perindustrian Perdagangan dan Sumber daya Mineral Sinjai, di Aula Rumah Makan Nikmat Sinjai, Rabu (22/11/2017).

Menurutnya kegiatan ini bernilai strategis karena Kabupaten Sinjai merupakan salah satu daerah penghasil ternak sapi yang cukup potensial namun pemanfaatan kotoran ternak menjadi energi baru belum maksimal karena pengetahuan masyarakat masih rendah.

“Dari tahun 2013-2017 pemerintah Kabupaten Sinjai melalui Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral telah membangun 460 unit biogas yang tersebar dibeberapa kecamatan, yang dapat membantu mengurangi emisi gas rumah kaca,” ungkapnya.

Untuk membangunan digester biogas membutuhkan investasi yang cukup besar, tetapi manfaat ekonomi yang diperoleh masyarakat cukup signifikan.

Dengan tersedianya biogas tumah tangga, masyarakat tidak lagi tergantung dengan minyak tanah dan tabung gas LPG, karena satu digester biogas 4 meter berpotensi untuk mengurangi penggunaan minyak tanah sekitar 2 liter.

Sebagai salah satu sumber energi terbarukan dengan teknologi sederhana aman dan mudah diterapkan Bupati berharap  pengembangan biogas untuk rumah tangga pedesaan  perlu ditingkatkaan dan harus mendapat dukungan yang besar dari berbagai pihak. (*)

Editor    : A. Mirza.