Pemilihan Duta Waria Diagendakan Khusus, Ketua KPAD Sinjai Sebut Penting Dilaksanakan

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Pemilihan duta Aids kelompok waria tetap akan dilaksanakan, meski sebelumnya Komisi Penanggulangan Aids Daerah (KPAD) Kabupaten Sinjai menuai sorotan dari berbagai pihak.

Menurut Ketua KPAD Sinjai, Hj. Andi Kartini Ottong, ini penting sebab yang akan mengedukasi dan memberikan sosialisasi terhadap kelompok tersebut adalah waria itu sendiri agar bisa menanggulangi bahaya HIV/Aids.

“Yang bisa mendekati kelompoknya tentu dari kalangan kelompoknya (Waris Read) itu sendiri,” terang Andi Kartini yang dikonfirmasi awak media via WhatsApp, Rabu, (19/10/2022).

Oleh karena itu, mengangkat menjadi duta dengan terlebih dahulu memberikan edukasi, maka mereka akan menyosialisasikan bahaya pergaulan bebas. Termasuk menyebarkan bahaya lelaki suka sesama lelaki dan lainnya, karena berdasarkan data banyak muncul dari kelompok tersebut.

BACA JUGA:
Dianggap Cederai Muruah Bumi Panrita Kitta’, Forum Pimpinan Ponpes Minta Pemilihan Duta Waria Dibatalkan

Pemuda Muhammadiyah Sorot Keras Rencana Pemilihan Duta Waria KPAD Sinjai

“Sehingga ini penting untuk kita beri pemahaman menjadi duta, tentu untuk penanggulangan HIV/Aids,” sambungnya.

Untuk pemilihan duta waria, Wakil Bupati Sinjai, ini mengaku akan mengagendakan khusus. Pihaknya tidak akan melaksanakan bersama dengan pemilihan duta pelajar seperti rencana sebelumnya.

“Harus (pemilihan duta waria), pelajar dulu nanti ada waktu khusus untuk waria,” jelasnya.

Dia pun mengajak semua pihak untuk bersama-sama memerangi penyakit ini. Mulai dari tokoh agama, tokoh masyarakat, dan elemen lainnya.

Sebelumnya, Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah, Muhlis dan Ketua Forum Pimpinan Pondok Pesantren se-Kabupaten Sinjai, Mustakim meminta agar pemilihan duta waria tidak dilaksanakan. Pasalnya, kegiatan yang melibatkan waria tidak dibenarkan dalam agama.

BACA JUGA:
Hadiri HUT Sulsel ke-353, Bupati ASA: Semoga Semakin Maju

Bupati ASA Janji Beri Bonus Khusus untuk Atlet Peraih Medali di Porprov 2022

Apalagi jika mendukung hingga mendanai kegiatan seperti itu. Oleh karena itu, dia meminta Pemkab Sinjai dan semua elemen yang menjadi pendukung dan pelaksana pemilihan duta waria ini agar membatalkan rencana tersebut. (Si/UC)